Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing di MIN 3 Tulungagung

  • Sri Putrianingsih IAI hasanuddin pare
Keywords: Brand Image, Daya Saing, Strategi.

Abstract

Peneliti melakukan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan lembaga pendidikan yang semakin ketat dan menuntut lembaga pendidikan untuk bersaing menjadi lebih kompetitif. Sehingga strategi pemasaran untuk suatu lembaga pendidikan berperan penting di dalamnya. Strategi pemasaran berguna untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, mendapatkan citra yang baik dari konsumen dan meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. MIN 3 Tulungagung sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan  perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan  kepuasan pelanggan (siswa, wali murid dan masyarakat). Min 3 Tulungagung menerapkan strategi pemasaran untuk membangun brand image lembaga untuk meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan MIN 3 Tulungagung, (2) untuk menganalisis faktor-faktor pembentuk brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan MIN 3 Tulungagung, (3) untuk mengetahui implikasi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan MIN 3 Tulungagung.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi lapangan (field research). Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi:kegiatan reduksi data, display data, menarik kesimpulan atau verivikasi data   Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian ini adalah: (1) MIN 3 membangun brand image dalam meningkatakan daya saing lembaga dengan melalui tiga strategi, yaitu positioning, differenting, dan branding. (2) faktor-faktor membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga MIN 3 Tulungagung adalah: a) akreditasi kelembagaan, b) tingkah laku siswa yang berbudi, c) prestasi, d) kualitas lulusan, dan e) kegiatan unggulan sekolah. (3) Implikasi pembentukan brand image dalam meningkatkan daya saing sekolah, yakni: a) kualitas pelayanan guru dan karyawan menjadi lebih baik, b) minat masuk masyarakat terhadap sekolah meningkat, c) siswa memiliki akhlak yang baik,d) kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-31