https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/issue/feedPOJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan2025-01-31T07:26:59+00:00Thoha Putrapgmihasanuddin711@gmail.comOpen Journal Systems<p>The POJOK GURU journal aims to develop and disseminate knowledge through scientific articles on research results and studies of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of education and teacher training. POJOK GURU Journal is a journal that contains issues about education and teacher training at the primary, secondary, and higher education levels. This article is based on the results of research and theoretical studies that are equivalent to research supported by various theoretical studies that produce research on education and education management in general, and learning problems in terms of planning, implementation, evaluation and learning innovation. The POJOK GURU journal is published by Center for the Research and the Community Service, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Islamic Institute of Hasanuddin Pare - Kediri, Indonesia.</p>https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1092Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia2025-01-26T12:06:29+00:00Cindy Alya Maharanicindyalya196@gmail.com<p><em>Filsafat pendidikan tentang manusia, menyoroti pemahaman mendalam tentang hakikat manusia, tujuan hidup, dan peran dalam proses pembelajaran. Dengan mempertimbangkan perspektif filosofis islam, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana konsep-konsep ini membentuk pendekatan Pendidikan islam yang menekankan pengembangan individu secara menyeluruh, pemberdayaan, dan pemenuhan potensi manusia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana manusia bermoral dan beretika sehingga dapat dipadukan dengan ilmu yang dimilikinya. Penelitian yang diterapkan dalam artikel ini adalah menggunakan jenis studi pustaka dengan metode kualitatif. Hasil penelitian ini adalah manusia merupakan insan yang mulia dalam pandangan Allah SWT karena memiliki fisik sempurna dan potensi yang hebat dibandingkan dengan makhluk lainnya di muka bumi ini. Manusia tidak dapat dikendalikan seperti robot, karena memiliki struktur jasamani dan rohani.</em></p>2025-01-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikanhttps://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1152EVALUASI PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF FILSAFAT ISLAM2025-01-26T12:06:29+00:00alya khoirunnisa alya khoirunnisakhoirunnisaalya87@gmail.comAfiful ikhwanafifulikhwan@gmail.com<p><em>Evaluasi pendidikan merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan sesuatu objek dengan menggunakan instrumen, dengan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan. Dalam perspektif filsafat pendidikan Islam, evaluasi memiliki peran penting dalam menentukan tingkat keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran. Sistem evaluasi dalam Islam mengacu pada sistem yang digariskan oleh Allah, Al-Qur’an, dan dijabarkan dalam sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah. Evaluasi diri sendiri (self evaluation) dan evaluasi terhadap orang lain (peserta didik) merupakan dua cara yang digunakan dalam evaluasi pendidikan Islam.Tujuan evaluasi pendidikan Islam adalah untuk menjamin keterlaksanaan proses dan pencapaian tujuan pendidikan yang dilakukan. Evaluasi harus didasarkan pada tujuan yang ditetapkan berdasarkan perencanaan sebelumnya dan kemudian benar-benar diusahakan oleh guru untuk peserta didik. Evaluasi yang baik harus mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk kemampuan, kepribadian, dan sikap peserta didik.</em></p> <p><em>Jurnal ini di susun dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan kepustakaan berupa penghimpunan teori dari berbagai sumber. </em><em>Evaluasi menjadi sarana penting untuk memberikan umpan balik pada peserta didik terhadap prestasi mereka dan juga mengukur sejauh mana pengetahuan dan pemahaman yang di dapat selama proses pembelajaran. Hasil evaluasi dalam pendidikan Islam mencakup pemahaman mendalam tentang ajaran Islam. Hasil evaluasi juga dapat menunjukkan sikap, perilaku, integritas, kejujuran, keadilan, kesabaran, dan ketaqwaan siswa</em></p> <p><em>Kata kunci: evaluasi, pendidikan, filsafat Islam</em></p>2025-01-26T11:54:55+00:00Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikanhttps://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1151PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM2025-01-26T12:06:30+00:00Angel Egaliza Adliyahangel.egaliza@gmail.comAfiful Ikhwanafifulikhwan@gmail.com<p><em>Identitas bangsa dipengaruhi besar oleh pendidikan. Selain itu, ajaran Islam memandang pendidikan sebagai fondasi untuk pengembangan manusia yang ideal, sehingga untuk mencapai tujuan ini diperlukan penyelidikan menyeluruh terhadap semua topik yang relevan, terutama yang berkaitan dengan sifat, etika, hak, dan kewajiban siswa dalam konteks filsafat pendidikan Islam. Lebih lanjut, jurnal ini menganalisis tujuan pendidikan Islam untuk siswa. Jurnal ini membahas bagaimana pendidikan Islam berusaha untuk membimbing siswa menuju kesejahteraan spiritual, pengembangan intelektual, dan keunggulan moral. Peran pendidik dalam memfasilitasi perjalanan ini juga dieksplorasi, dengan menekankan kualitas dan pendekatan yang mendorong pembelajaran dan pengembangan siswa yang efektif dalam kerangka kerja pendidikan Islam.</em></p> <p><em>Esensi peserta didik dalam pendidikan Islam meliputi potensi seperti hidayah wujdaniyah, hidayah hissyiyah, hidayah aqliah, hidayah dinniyah, dan hidayah taufiqiyah. Dimensi peserta didik mencakup fisik, akal, keberagamaan, akhlak, rohani, seni, dan sosial. Peserta didik juga memiliki sifat-sifat yang harus dimiliki, seperti mentauhidkan Allah, menyiapkan dan mensucikan diri, mengharapkan keridlaan Allah, berdoa kepada Allah, dan aktualisasi pengamalan. Dengan demikian, tujuan dari jurnal ini adalah untuk menjelaskan perilaku siswa dalam filsafat Islam. </em><em>Data dikumpulkan, diproses, dan dianalisis menggunakan pendekatan filosofis untuk studi pustaka. Baik secara jismiyah maupun ruhiyah, peserta didik didefinisikan sebagai manusia yang sedang menuju al-insan al-kamil di mana mereka harus belajar dan menerapkan apa yang mereka ketahui sesuai dengan filsafat islam agar mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em> : Peserta Didik, Hak, Kewajiban</em></p> <p><em> </em></p>2025-01-26T12:05:57+00:00Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikanhttps://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1289PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN2025-01-26T12:06:30+00:00rizal rifairie.zaal18@gmail.com<p><strong>Abstract</strong></p> <p> </p> <p>The curriculum as an educational design has a fairly central position in all learning activities, determining the implementation process and educational outcomes. Considering the important role of the curriculum in education and in the future development of students' lives, curriculum development cannot be done haphazardly, it must be oriented towards clear goals so that it will produce good and perfect results.</p> <p>The curriculum as an educational design has a fairly central position in all learning activities, determining the implementation process and educational outcomes. Considering the important role of the curriculum in education and in the future development of students' lives, curriculum development cannot be done haphazardly, it must be oriented towards clear goals so that it will produce good and perfect results.</p> <p>Meanwhile, the definition of quality is linguistically, quality improvement consists of two words, namely improvement and quality. The word improvement means the process, method, or act of improving (business, activity, etc.). Meanwhile, the word quality means quality or (measurement of) the good and bad of an object, level, level/degree (smartness, intelligence, and so on).</p> <p>The concept of improving quality in education is managed through the school-based quality improvement management process (MPMBS) which is the embryo of school-based management (MBS). In MPMBS, the concept of improving school quality should be programmed, planned and carried out independently by the school based on the school's own needs to achieve success.</p> <p><strong>Keywords: </strong>PAI Curriculum Development, Improving the Quality of Learning</p>2025-01-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikanhttps://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1200PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS III PADA MI ISLAMIYAH SUROWONO KABUPATEN KEDIRI2025-01-31T07:26:59+00:00Sri Putrianingsihpuputasyifa22@gmail.com<p>ABSTRACT</p> <p><em>The role of the teacher in learning activities is very important to moivate students, of course regardless of themethods applied. The research “the application of the question and answer and demonstration method in figh learning to increase students’ learning motivation in class III at Mi Islamiyah Surowono, Kediri regency. The problemis whether the question and answer and demonstration method in figh learning can be carried out in 3(three) cycles qualitatively using observation, interview and documentation methods. From cycles 1to 3 it show that applying the question and answermethod can increase student motivation, especiallyin learning figh. This action is inlearning previously, students did not show creativity , instead they were boring.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em> : question and answer method, demontration method, figh learning</em></p>2025-01-31T07:24:57+00:00Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan