POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru <p>The POJOK GURU journal aims to develop and disseminate knowledge through scientific articles on research results and studies of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of education and teacher training. POJOK GURU Journal is a journal that contains issues about education and teacher training at the primary, secondary, and higher education levels. This article is based on the results of research and theoretical studies that are equivalent to research supported by various theoretical studies that produce research on education and education management in general, and learning problems in terms of planning, implementation, evaluation and learning innovation. The POJOK GURU journal is published by Center for the Research and the Community Service, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Islamic Institute of Hasanuddin Pare - Kediri, Indonesia.</p> en-US pgmihasanuddin711@gmail.com (Thoha Putra) pgmihasanuddin711@gmail.com (HASAN) Mon, 18 Aug 2025 16:04:59 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Santri Putri Pondok Pesantren Nashrus Sunnah kota Madiun https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1843 <p>Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan tentang mengelola bahasa dalam berkomunikasi sehingga mudah dipahami. Pondok pesantren Nashrus Sunnah Kota Madiun mengadakan kegiatan ektrakulikuler <em>Muhadhoroh</em> yang dilaksanakan setiap pekan, kegiatan ektrakulikuler <em>M</em><em>uhadhoroh,</em> bertujuan melatih mengembangkan kecerdasan linguistik dalam aspek mendengar, menulis, membaca dan berbicara. ini sesuai dengan teori Howard Gardner tentang kecerdasan linguisti yaitu kemampuan seseorang untuk berfikir dalam kata kata, tulisan, menyampaikan ide, dan memahami bahasa.</p> <p>Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adala para pendidik, tenega pendidik dan santri putri madrasah salafiyah wustho pondok pesantren Nashrus Sunnah yang terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakulikuler <em>Muhadoroh.</em> Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan menarik kesimpulan.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler muhadhoroh di pondok pesantren Nashrus Sunnah memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan linguistik santri putri madrasah salafiyah wustho. Kegiatan ekstrakulikuler <em>Muhadhoroh </em>diwajibkan diikuti oleh seluh santri madrasah salafiyah wustho dan semua santri mendapatkan giliran agar santri putri mampu menulis isi materi <em>Muhadhoroh</em>, berbicara dengan komunikasi yang baik dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam penyampaiannya. Adapun Faktor pendukung kegiatan ini pembimbing kegiatan muhadoroh adalah ustdzhnya langsung, isi materi berbahasa indonesia, sedangkan faktor penghambatnya kurangnya waktu persiapan dan tidak hafal materi kareana kurangnya waktu latihan.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci : &nbsp;Kecerdasan, Linguistik<em> , Muhadhoroh</em>, </strong></p> Denok Dyah Pratiwiningtias Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1843 Mon, 18 Aug 2025 15:08:18 +0000 PENERAPAN PEMBELAJARAN DONGENG BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1693 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media pembelajaran dongeng berbasis Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar melalui pendekatan kajian pustaka sistematis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan data yang dikumpulkan berasal dari artikel dan jurnal ilmiah yang dipublikasikan pada Google Scholar dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Sumber data dipilih berdasarkan kriteria inklusi tertentu, seperti relevansi topik, kualitas publikasi, dan keterkaitan dengan pembelajaran dongeng dan pendekatan PjBL. Teknik analisis data dilakukan dengan proses sintesis tematik untuk mengidentifikasi pola-pola temuan dan kesimpulan yang dapat ditarik dari berbagai literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi dongeng dalam model PjBL efektif dalam membangun minat baca siswa, meningkatkan pemahaman isi bacaan, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Dengan demikian, pembelajaran dongeng berbasis proyek dapat dijadikan strategi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa secara komprehensif.</p> Adinda Salma Destanti, Yusnia Pangestuti, Aprilia Deva Arianti , Luthfa Nugraheni Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1693 Mon, 18 Aug 2025 15:17:07 +0000 Analisis Pemikiran Teoritik Kualitas Internal dan Kualitas Eksternal Lembaga Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1522 <p style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"><span style="font-size: 11.0pt;">Kualitas pendidikan merupakan aspek krusial dalam menilai keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan akademik dan sosial. Artikel ini menganalisis pemikiran teoritik mengenai <strong>kualitas internal dan kualitas eksternal lembaga pendidikan</strong>, dengan meninjau konsep-konsep utama yang mendasarinya. indikator, nya dalam kualitas lembaga lendidikan. Melalui pendekatan studi pustaka, penelitian ini mengungkapkan bahwa urgensi kajian ini terletak pada kebutuhan lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan kualitasnya guna menghadapi tantangan global dan tuntutan masyarakat. Indikator kualitas pendidikan dianalisis berdasarkan teori Input-Proses-Output, Total Quality Management (TQM), serta konsep Human Capital Theory yang menekankan pentingnya investasi dalam sumber daya manusia. Selanjutnya, kontribusi dari peningkatan kualitas internal dan eksternal lembaga pendidikan diuraikan dalam konteks peningkatan daya saing, produktivitas lulusan, serta kemajuan sosial dan ekonomi. Melalui kajian ini, ditemukan bahwa kualitas internal dan eksternal memiliki keterkaitan erat, di mana keberhasilan internal akan mempengaruhi reputasi dan keberterimaan lembaga pendidikan di tingkat eksternal. Oleh karena itu, strategi peningkatan mutu harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan kebutuhan internal lembaga pendidikan serta ekspektasi masyarakat dan dunia industri.</span></p> nurul qomariyah 610 Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1522 Mon, 18 Aug 2025 15:40:22 +0000 PROBLEMATIKA KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK YANG BERVARIASI SEBAGAI WAHANA PENDEKATAN PEMBELAJARAN YANG BERSIFAT PROBLEM SOLVING https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1285 <p><span style="text-decoration: underline;">Karakteristik peserta didik yang bervariasi menjadi variable yang menarik untuk dipahami tenaga pendidik. Tenaga pendidik yang mampu memahami karakter peserta didiknya, akan mampu melaksanakan proses pembelajaran dengan efektif dan berkesan bagi peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran berbasis masalah dikaitkan dengan karakteristik peserta didik yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pustaka. Berdasarkan penelitian ini, penulis menemukan bahwa pembelajaran berbasis masalah sangat relevan bila diimplementasikan pada berbagai macam karakteristik peserta didik.</span></p> <p><span style="text-decoration: underline;">&nbsp;</span></p> mahmudi mudi Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1285 Mon, 18 Aug 2025 15:48:25 +0000 ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH ALIYAH SUNAN AMPEL DAMPIT MALANG https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1877 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajerial dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Dampit, Kabupaten Malang. PPDB merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan yang menentukan keberlangsungan dan perkembangan lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah aliyah sunan ampel menerapkan strategi PPDB yang terstruktur, meliputi perencanaan program sosialisasi, kerja sama dengan sekolah-sekolah tingkat menengah pertama, optimalisasi peran media sosial, dan peningkatan mutu layanan informasi. Selain itu, keterlibatan seluruh komponen sekolah, termasuk guru dan tenaga kependidikan, menjadi faktor kunci dalam keberhasilan strategi PPDB. Studi ini menyimpulkan bahwa pendekatan manajerial yang sistematis dan partisipatif mampu meningkatkan jumlah dan kualitas peserta didik baru yang mendaftar</em></p> Thoha Putra, Nur Huda Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1877 Mon, 18 Aug 2025 16:04:33 +0000 PENERAPAN PSYCHOLOGICAL METHOD UNTUK MENGHILANGKAN MENTAL BLOCK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1906 <p><em>Penerapan metode psikologis merupakan metode yang digunakan dalam setiap kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa dengan melihat kondisi adanya mental block yang menghambat perkembangan mental dan asosiasi pikiran siswa.</em></p> <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui beberapa penerapan metode psikologi,; 2) Untuk mengetahui indikasi hilangnya mental block dengan peningkatan mental siswa, 3) Untuk mengetahui indikasi hilangnya mental block dengan peningkatan asosiasi pikiran siswa dari pembelajaran bahasa Arab kelas III Islamic Primary School Ibnu Sina Bekasi.</em></p> <p><em>Penelitian dengan metode eksperimen ini menggunakan desain One Group Pretest- Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III </em><em>B</em><em> Islamic Primary School Ibnu Sina Bekasi yang berjumlah 27 siswa yang dijadikan kelas eksperimen. Sebelum pembelajaran kelas eksperimen diberikan angket dan soal pretest. Siswa kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan metode psikologis (psychological method). Kelas eksperimen dikenakan tes akhir berupa tes tertulis. </em></p> <p><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pembelajaran bahasa Arab untuk asosiasi mental dan pikiran siswa di Islamic Primary School Ibnu Sina Bekasi menggunakan metode psikologis (psychological method) dengan langkah-langkah pembelajaran; 2) Adanya indikasi hilangnya mental block dengan peningkatan mental siswa kelas eksperimen sebesar 10,88; 3) Adanya indikasi hilangnya mental block dengan peningkatan asosiasi pikiran siswa kelas eksperimen 73,85; 4) Terdapat peningkatan asosiasi pikiran siswa pada kelas eksperimen dengan t hitung = 73,85; &lt; t tabel = 2,064. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Metode Psikologi, Mental Block, Pembelajaran Bahasa Arab</em></p> Inchinia Angger, Asmaul Husna Copyright (c) 2025 POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/pojokguru/article/view/1906 Tue, 09 Sep 2025 21:28:15 +0000