ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH ALIYAH SUNAN AMPEL DAMPIT MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajerial dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Dampit, Kabupaten Malang. PPDB merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen pendidikan yang menentukan keberlangsungan dan perkembangan lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah aliyah sunan ampel menerapkan strategi PPDB yang terstruktur, meliputi perencanaan program sosialisasi, kerja sama dengan sekolah-sekolah tingkat menengah pertama, optimalisasi peran media sosial, dan peningkatan mutu layanan informasi. Selain itu, keterlibatan seluruh komponen sekolah, termasuk guru dan tenaga kependidikan, menjadi faktor kunci dalam keberhasilan strategi PPDB. Studi ini menyimpulkan bahwa pendekatan manajerial yang sistematis dan partisipatif mampu meningkatkan jumlah dan kualitas peserta didik baru yang mendaftar