Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Santri Putri Pondok Pesantren Nashrus Sunnah kota Madiun
Abstract
Kecerdasan linguistik merupakan kecerdasan tentang mengelola bahasa dalam berkomunikasi sehingga mudah dipahami. Pondok pesantren Nashrus Sunnah Kota Madiun mengadakan kegiatan ektrakulikuler Muhadhoroh yang dilaksanakan setiap pekan, kegiatan ektrakulikuler Muhadhoroh, bertujuan melatih mengembangkan kecerdasan linguistik dalam aspek mendengar, menulis, membaca dan berbicara. ini sesuai dengan teori Howard Gardner tentang kecerdasan linguisti yaitu kemampuan seseorang untuk berfikir dalam kata kata, tulisan, menyampaikan ide, dan memahami bahasa.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adala para pendidik, tenega pendidik dan santri putri madrasah salafiyah wustho pondok pesantren Nashrus Sunnah yang terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakulikuler Muhadoroh. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler muhadhoroh di pondok pesantren Nashrus Sunnah memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan linguistik santri putri madrasah salafiyah wustho. Kegiatan ekstrakulikuler Muhadhoroh diwajibkan diikuti oleh seluh santri madrasah salafiyah wustho dan semua santri mendapatkan giliran agar santri putri mampu menulis isi materi Muhadhoroh, berbicara dengan komunikasi yang baik dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dalam penyampaiannya. Adapun Faktor pendukung kegiatan ini pembimbing kegiatan muhadoroh adalah ustdzhnya langsung, isi materi berbahasa indonesia, sedangkan faktor penghambatnya kurangnya waktu persiapan dan tidak hafal materi kareana kurangnya waktu latihan.
Kata kunci : Kecerdasan, Linguistik , Muhadhoroh,