PENERAPAN PEMBELAJARAN DONGENG BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DALAM KETERAMPILAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Adinda Salma Destanti Universitas Muria Kudus
  • Yusnia Pangestuti Universitas Muria Kudus
  • Aprilia Deva Arianti Universitas Muria Kudus
  • Luthfa Nugraheni Universitas Muria Kudus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media pembelajaran dongeng berbasis Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar melalui pendekatan kajian pustaka sistematis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan data yang dikumpulkan berasal dari artikel dan jurnal ilmiah yang dipublikasikan pada Google Scholar dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Sumber data dipilih berdasarkan kriteria inklusi tertentu, seperti relevansi topik, kualitas publikasi, dan keterkaitan dengan pembelajaran dongeng dan pendekatan PjBL. Teknik analisis data dilakukan dengan proses sintesis tematik untuk mengidentifikasi pola-pola temuan dan kesimpulan yang dapat ditarik dari berbagai literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi dongeng dalam model PjBL efektif dalam membangun minat baca siswa, meningkatkan pemahaman isi bacaan, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Dengan demikian, pembelajaran dongeng berbasis proyek dapat dijadikan strategi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa secara komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-18
Section
Articles