Analisis Pemikiran Teoritik Kualitas Internal dan Kualitas Eksternal Lembaga Pendidikan

  • nurul qomariyah 610 IAIN Madura
Keywords: Kualitas Internal, Kualitas Eksternal, Lembaga Pendidikan.

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan aspek krusial dalam menilai keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan akademik dan sosial. Artikel ini menganalisis pemikiran teoritik mengenai kualitas internal dan kualitas eksternal lembaga pendidikan, dengan meninjau konsep-konsep utama yang mendasarinya. indikator, nya dalam kualitas lembaga lendidikan. Melalui pendekatan studi pustaka, penelitian ini mengungkapkan bahwa urgensi kajian ini terletak pada kebutuhan lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan kualitasnya guna menghadapi tantangan global dan tuntutan masyarakat. Indikator kualitas pendidikan dianalisis berdasarkan teori Input-Proses-Output, Total Quality Management (TQM), serta konsep Human Capital Theory yang menekankan pentingnya investasi dalam sumber daya manusia. Selanjutnya, kontribusi dari peningkatan kualitas internal dan eksternal lembaga pendidikan diuraikan dalam konteks peningkatan daya saing, produktivitas lulusan, serta kemajuan sosial dan ekonomi. Melalui kajian ini, ditemukan bahwa kualitas internal dan eksternal memiliki keterkaitan erat, di mana keberhasilan internal akan mempengaruhi reputasi dan keberterimaan lembaga pendidikan di tingkat eksternal. Oleh karena itu, strategi peningkatan mutu harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, dengan mempertimbangkan kebutuhan internal lembaga pendidikan serta ekspektasi masyarakat dan dunia industri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-08-18
Section
Articles