PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 PLOSO
Abstract
Abstrak
Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peduli lingkungan merupakan hal yang sangat penting. Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peduli lingkungan bertujuan untuk menyadarkan betapa pentingnya menjaga lingkungan supaya tetap bersih karena diajaran Islam juga diajarkan yaitu Annadhofatul Minal Iman yang artinya kebersihan adalah sebagian dari iman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Ploso dengan sub fokus penelitian yang terdiri dari 1) Peran Guru pendidikan agama islam, 2) Pembentuk karakter, 3) Karakter peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, teknik ini yaitu peneliti mengumpulkan data yang berupa kata-kata dan tindakan. Aktivitas dalam menganalisis datanya menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Informan pada penelitian ini antara lain yaitu guru pendidikan agama Islam, sarana prasarana, dan beberapa siswa.
Kata Kunci: Peran guru pendidikan agama Islam, Pembentuk karakter, Karakter peduli lingkungan
Abstract
The role of Islamic religious education teachers in shaping the character of caring for the environment is very important. The role of Islamic religious education teachers in shaping the character of caring for the environment aims to realize how important it is to keep the environment clean because Islamic teachings are also taught, namely Annadhofatul Minal Iman which means cleanliness is part of faith. This study aims to determine the role of Islamic religious education teachers in SMP Negeri 1 Ploso with the sub-focus of the research consisting of 1) The role of Islamic religious education teachers, 2) Character building, 3) Environmental care character. This study uses a qualitative approach. Data collection techniques using observation techniques, interview, and documentation. Data analysis technique uses descriptive qualitative analysis technique is the researcher collects data in the form of words and actions. Activities in analyzing the data using data collection techniques, data reducation, data presentation, drawing concluions. Informants in this study include general religious education teachers, infrastructure, and several students.
Keywords: The role of Islamic religious education teachers,In character building, Environmental care character.
Downloads
References
Junaid, Ilham. “Jurnal Kepariwisataan.” In Politeknik Pariwisata Makasar, 10:59–74, 2016.
Meika R, Dinda Salsa, and Elpri Darta Putra. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di SD.” Mimbar Ilmu 26, no. 3 (2021): 346.
Omeri, Nopan. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Manajer Pendidikan 9, no. 3 (2015): 464–468.
Rahmat, Pupu Saeful. “Penelitian Kualitatif.” Journal Equilibrium 5 No. 9 (2009): 1–8. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf.
Sugiyono. “PENGEMBANGAN SUMBER DANA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.” Jurnal Pendidikan Vokasi 5, no. November 2015 (2015): 341–351.
Uin, Muhammad Ilham, Sunan Kalijaga, and Yogyakarta Indonesia. “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) Di SMPN 7 Yogyakarta.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (May 31, 2021): 245–272. Accessed February 18, 2022. https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/article/view/22.
Yestiani, Dea Kiki, Nabila Zahwa, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2020): 41–47.
Chotimah, C, and K Nisa. “Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet.” Prosiding Seminar Nasional … (2019): 125–128.
Junaid, Ilham. “Jurnal Kepariwisataan.” In Politeknik Pariwisata Makasar, 10:59–74, 2016.
Meika R, Dinda Salsa, and Elpri Darta Putra. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di SD.” Mimbar Ilmu 26, no. 3 (2021): 346.
Omeri, Nopan. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Manajer Pendidikan 9, no. 3 (2015): 464–468.
Rahmat, Pupu Saeful. “Penelitian Kualitatif.” Journal Equilibrium 5 No. 9 (2009): 1–8. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf.
Sugiyono. “PENGEMBANGAN SUMBER DANA SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN.” Jurnal Pendidikan Vokasi 5, no. November 2015 (2015): 341–351.
Uin, Muhammad Ilham, Sunan Kalijaga, and Yogyakarta Indonesia. “Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) Di SMPN 7 Yogyakarta.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (May 31, 2021): 245–272. Accessed February 18, 2022. https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/article/view/22.
Yestiani, Dea Kiki, Nabila Zahwa, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2020): 41–47.
Copyright (c) 2022 Khoirun Nisa, Lya Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture