PERAN GURU PAI DALAM MENGINTERNALISASIKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DI SMPN 2 PLANDAAN JOMBANG

  • Khoirun Nisa' KH. A. WAHAB HASBULLAH
  • Feri Kusmanto KH. A. WAHAB HASBULLAH
Keywords: Guru PAI, Internalisasi, Kepedulian Sosial, PAI Teacher, Internalizing, Sosial Care

Abstract

Abstract: Kepedulian sosial adalah salah satu nilai karakter sosial yang menjadi progam pendidikan karakter dan terus dikembangkan dalam pendidikan di Indonesia. Di samping itu, manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup secara individu dan pasti selalu membutuhkan bantuan orang lain. Pendidikan yang ada saat ini lebih condong kepada akademiknya saja, sedangkan yang menyangkut moral spiritual belum menjadi fokus perhatian. Bahkan semakin pesatnya perkembangan zaman sekarang juga dibarengi dengan semakin merosotnya rasa kepedulian yang dimiliki oleh remaja-remaja zaman sekarang. Oleh karena itu agar peserta didik dapat besosialisasi dengan baik di lingkungannya maka sangat dibutuhkan peran guru sebagai pendidik untuk mencerdaskan dan memperbaiki akhlak peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan peran guru PAI dalam menginternalisasikan karakter kepedulian sosial peserta didik di SMPN 2 Plandaan Jombang, (2) Mendeskripsikan bentuk karakter kepedulian sosial di SMPN 2 Plandaan Jombang, (3) Mendeskripsikan dampak internalisasi karakter kepedulian sosial di SMPN 2 Plandaan Jombang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses guru PAI dalam menginternalisasikan karakter kepedulian sosial di SMPN 2 Plandaan Jombang adalah, mencantumkan nilai karakter di Silabus atau RPP, pembiasaan, kerja kelompok, dan saling membantu, (2) Bentuk kepedulian sosial di SMPN 2 Plandaan Jombang merupakan, infaq, gotong royong, peduli sesama, zakat, dan qurban, (3) Dampak dari adanya internalisasi karakter kepedulian sosial di SMPN 2 Plandaan Jombang dibagi menjadi dua hal positif, yakni meningkatkan akhlakul karimah peserta didik dan menciptakan keakraban bagi peserta didik.

Kata kunci: Guru PAI, Internalisasi, Kepedulian Sosial

Abstract: Social care is one of the values of social character that is part of the character education program and continues to be developed in education in Indonesia. In addition, humans are social creatures who cannot live individually and always need the help of others. The current education is more academically inclined, while those concerning spiritual morals have not become the focus of attention. In fact, the rapid development of today's era is also accompanied by a declining sense of concern that is owned by teenagers today. Therefore, so that students can socialize well in their environment, the role of teachers as educators is needed to educate and improve the morals of students. The aims of this study are: (1) to describe the role of PAI teachers in internalizing the social care character of students at SMPN 2 Plandaan Jombang, (2) to describe the form of social care character at SMPN 2 Plandaan Jombang, (3) to describe the impact of internalizing the social care character at SMPN 2 Plandaan Jombang. SMPN 2 Plandaan Jombang. To achieve the above objectives, a descriptive qualitative research approach was used, and data collection techniques were interviews, observations, and documentation. Data is analyzed by collecting data, reducing irrelevant data, presenting data, then drawing conclusions. The results showed that, (1) the process of PAI teachers in internalizing the character of social awareness at SMPN 2 Plandaan Jombang was, including character values ​​in Silabus or RPP, habituation, group work, and helping each other, (2) the form of social care at SMPN 2 Plandaan Jombang is, infaq, mutual cooperation, caring for each other, zakat, and qurban, (3) the impact of the internalization of the character of social care at SMPN 2 Plandaan Jombang is divided into two positive things, namely increasing the morality of students and creating intimacy for students.

Kata kunci: PAI Teacher, Internalizing, Sosial Care

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Yatimin, Study Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Jakarta: Amzah, 2007)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Azet, Akhmat Muhaimin, Urgensi Pendiidikan Karakter Di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Belajar Dan Kemajuan Bangsa (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Endraswara, Suwardi, Metode Penelitan Forklor, Pertama (Yogyakarta: Medpres, 2009)
Izzaty, Rita Eka, Budi Astuti, and Nur Cholimah, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menginternalisasikan Karakter Kepedulian Sosial Di SMP Islam Al- Amin Malang’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1967, 5–24
Lexi Moleong. j, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)
Mulyana, Rahmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai (Bandung: Alfabeta, 2004)
Nisa’, Khoirun, ‘Komponen-Komponen Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam’, 1 (2017), 64–83
Nisa, Khoirun, Universitas Kh, A Wahab Hasbullah, and Tambakberas Jombang, ‘MEDIA ALTENATIF PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 2 PERAK JOMBANG Waslah’, 17.2 (2021), 16–25
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter (Bandung: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Zumali, Menjalin Hidup Dengan Sesama (Surabaya: Indah Jaya, 2010)
Hasil wawancara dengan Bapak Bambang Puguh.S.Pd selaku waka kurikulum SMPN 2 Plandaan Jombang, pada tanggal 9 Maret 2022.
Hasil wawancara dengan guru PAI SMPN 2 Plandaan Jombang yakni Bu Lina Dwi S.Pd. Pada tanggal 14 Maret 2022.
Published
2022-09-09