STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MA BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

  • Khoirun Nisa' Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang
  • Selly Nur Syafitri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang
  • Wahyudi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang
Keywords: Kata Kunci: Strategi , Pembentuk Karakter, Karakter Religius, Keywords: Strategy, Character Forming, Religious Character

Abstract

Strategi sekolah dalam membentuk karakter keagamaan siswa melalui kegiatan keagamaan sangat penting. Strategi sekolah dalam membentuk karakter agama bertujuan untuk mengatasi karakter anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pembentukan karakter keagamaan melalui kegiatan keagamaan di MA Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan sub-fokus penelitian yang terdiri dari: (1) Strategi Sekolah, (2) Pembentukan Karakter, (3) Karakter religius. karakter siswa mengutamakan akhlak dan juga ibadah. Selain itu, pihak sekolah juga tidak mengesampingkan intelektual yang sesuai dengan visi dan misi sekolah MA Bahrul Ulum Tambakberas. Bentuk karakter keagamaan siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Bahrul Ulum Tambakberas mampu menumbuhkan sikap disiplin, kejujuran, menumbuhkan sikap siswa tawadhu’, rajin beribadah, bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, teknik ini yaitu peneliti mengumpulkan data yang berupa kata-kata. Aktifitas dalam menganalisis datanya menggunakan teknik triangulasi sumber data, member checking, dan auditing serta teknik analisis data. Informan pada penelitian ini antara lain guru agama Islam, waka kurikulum, dan beberapa siswa.

Abstract

 The school's strategy in shaping the religious character of students through religious activities is very important. The school's strategy in forming religious characters aims to overcome the character of the nation's children. This research aims to describe the strategy of forming religious characters through religious activities in MA Bahrul Ulum Tambakberas Jombang with a research sub-focus consisting of: (1) School strategy, (2) Character forming, (3) Religious character. MA Bahrul Ulum Tambakberas in carrying out religious activities in forming the religious character of students prioritizes morals and also worship. In addition, the school also does not rule out intellectuals who are in accordance with the vision and mission of the MA Bahrul Ulum Tambakberas school. The forms of student religious character through religious activities at MA Bahrul Ulum Tambakberas are able to cultivate disciplined attitudes, honesty, foster the attitude of tawadhu' students, diligent worship, responsibility. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques with observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques use qualitative descriptive analysis techniques, this technique is that researchers collect data in the form of words. Activities in analyzing data using data source triangulation techniques, member checking, and auditing and data analysis techniques. Informants on this study include Islamic religious teachers, waka curriculum, and some students.

Keywords: Strategy, Character Forming, Religious Characte

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotimah, Chusnul, and Khoirun Nisa. “Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet” (2019): 125–128.
E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54.
Lickona, Thomas. Character Matters: Persoalan Karakter. Edited by Uyu Wahyudin dan Suryani. Juma Wadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.
Moleong. “Metode Penelitian Kualitatif,” no. Op. Cit, n.d (n.d.): 178.
Nisa’, Khoirun. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam.” Khoirun Nisa’, “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam:,” INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan 4 1 (n.d.): 44–56. http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/75.
Nisa, Khoirun, Zakiyaturrosyidah, and Waslah. “Pengembangan Permainan Ludo Edukasi Sebagai Media Alternatif Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMPN 2 Perak Jombang.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 17, no. 2 (2021): 16–25.
Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Jl. Ikan Dorang V/2 BP Kulon Gresik: Caramedia Communication, 2018. https://books.google.co.id/books?id=6VNLDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Pendidikan+karakter&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=Pendidikan karakter&f=false.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Sumiyati, Mustahdi dan. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Yulaika Ramadhani, 2013.
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Umam, Cholil. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: Duta Aksara, 17AD.
Yunarti, Yuyun. “Pendidikan Ke Arah Pembentukan Karakter” 11 (2014): 262–278.
Published
2022-09-09