PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING di SMPN 7 KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.55148/inovatif.v10i2.1170Keywords:
Pengembangan, Pembelajaran, PBLAbstract
Penelitian tentang model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini dilakukan untuk menyikapi problematika guru yang muncul dalam mengaplikasikan model pembelajaran pada kurikulum 2013 terlebih untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini menjadi sangat urgen karena model pembelajaran PBL diharapkan guru mampu mengembangkan model pembelajaran dalam PAI serta menyetarakan aspek kognitif, aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemampuan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama.
Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana mengorientasikan, mengorganisasikan, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 KotaKediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, dokumentasi serta wawancara mendalam. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Kota Kediri ialah Mengorientasi peserta didik menggunakan pendekatan konstruktivistik, menggunakan pendekatan saintifik, menggunakan stimulus dan motivasi untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu yang besar, Mengorganisasikan dan membimbing peserta didik dilakukan dengan mengaplikasikan system belajar mandiri, mengaplikasikan system belajar mandiri untuk menanamkan sikap bertanggung jawab, kerja keras dan mandiri dalam belajar melalui pembiasaan secara terus menerus. Pendidik berperan sebagai fasilitator yaitu membimbing, mengarahkan, dan memfasilitasi. Menanamkan nilai karakter untuk memiliki sikap toleransi, kreatif, demokratis, mengahargaiprestasi, dan komunikatif pada setiap proses.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture



