ANALISIS BEBAN KERJA GURU: STUDI KASUS MI AL ISLAM NGEMPLAK BOYOLALI

  • Nur Iddha Hasanah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Atin Chusniyah
  • Rustam Ibrahim
Keywords: beban kerja guru, analisis beban kerja, guru, madrasah ibtida'iyah, MI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja guru MI Al Islam Ngemplak Boyolali. Subjek utama     dalam penelitian ini adalah pengurus Yayasan, Kepala Madrasah, dan guru di MI Al Islam Ngemplak Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata guru di MI Al Islam Ngemplak memiliki kelebihan beban jam kerja antara 2,5 hingga 7,5 jam/minggu. Faktor-faktor yang menyebabkan hal tersebut antara lain pendapatan madrasah yang terbatas, kurangnya tenaga pendidikan, dan tidak sesuainya kualifikasi pendidik dengan jurusan yang diampunya. Rekomendasi kebijakan yang dapat diambil antara lain meningkatkan pendapatan madrasah, menambah tenaga kependidikan, dan meningkatkan kualitas guru melalui pengembangan profesionalisme guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, Gusti, and Nizar Nizar. "Analisa beban kerja kegiatan administrasi sekolah dengan pendekatan job mapping.” Teknika: Engineering and Sains Journal 2, no. 1 (June 29, 2018): 59–66. https://doi.org/10.51804/tesj.v2i1.233.59-66.
Baniati, Heti, Muhammad Isnaini, and Muhammad Fauzi. “Problematika tugas mengajar dengan bidang keahlian guru.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 3 (June 22, 2023): 558–68. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.455.
Hanim, Zaenab, Dian Septiana Sari, and Rahmat Soe’oed. “Kebijakan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kinerja guru.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan 2, no. 1 (May 3, 2020): 43–60. https://doi.org/10.21831/jump.v2i1.30672.
Houghton, Catherine, Kathy Murphy, David Shaw, and Dympna Casey. “Qualitative Case Study Data Analysis: An Example from Practice.” Nurse Researcher 22, no. 5 (May 15, 2015): 8–12. https://doi.org/10.7748/nr.22.5.8.e1307.
Khoiriyah, Yuni Siti, Masyqi Salma, Frestinata Arum Merduani, Syunu Trihantoyo, and Ayu Wulandari. “Analisis rekrutmen beban kerja pendidik dan tenaga kependidikan di MTs. Bina Insani.” Al-DYAS 2, no. 2 (June 1, 2023): 369–80. https://doi.org/10.58578/aldyas.v2i2.1185.
Miles, Matthew B, Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. London: SAGE Publications, 2014.
Nugraheni, Annisa Rizki, Hamidah Nayati Utami, and Arik Prasetya. “Beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dengan motivasi sebagai variabel intervening.” JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 8, no. 4 (December 30, 2022): 1304–18. https://doi.org/10.29210/020221994.
Pradita, Kunthi Zahra, Prasetyo Budi Widodo, and Diana Rusmawati. “Hardiness di tempat kerja ditinjau dari dukungan sosial rekan kerja pada guru SLB se-kota Semarang.” Jurnal EMPATI 2, no. 3 (August 24, 2013): 400–409. https://doi.org/10.14710/empati.2013.7364.
Renny, Clauradita Angga. “Management stress kerja guru sd terhadap beban kerja pada masa pandemi covid-19.” Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling 3, no. 3 (April 22, 2021): 219–26. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.219-226.
Utami, Hamidah Nayati, Ariek Prasetya, and Muhammad Rosyihan Hendrawan. “Analisis beban kerja sebagai dasar perencanaan kebutuhan pegawai.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 7, no. 2 (November 30, 2020): 95–105. https://doi.org/10.26905/jbm.v7i2.4325.
Wahdaniyah, Nia, and Miftahuddin Miftahuddin. “Pengaruh hardiness, beban kerja, dan faktor demografi terhadap stres kerja guru.” TAZKIYA: Journal of Psychology 6, no. 1 (April 1, 2019): 69–83. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v6i1.11010.
Zulfa, Umi. “Strategi pengembangan madrasah efektif melalui pengembangan model manajemen pembiayaan pendidikan madrasah berbasis ziswa-school levy.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 3, no. 1 (May 31, 2016): 129. https://doi.org/10.21580/wa.v3i1.877.
Published
2024-02-07
Section
Articles