NEUROSAINS DALAM PROSES BELAJAR DAN MEMORI

Authors

  • Relly Maulita Raden Fatah State Islamic University Palembang image/svg+xml Author
  • Ermis Suryana Raden Fatah State Islamic University Palembang image/svg+xml
  • Abdurrahmansyah Raden Fatah State Islamic University Palembang image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.264

Abstract

Didalam  ilmu Neuroscience dijelaskan bahwa otak manusia mempunyai kemampuan yang luar biasa. Otak manusia terdiri dari triliunan sel otak dan setiap inci otak tampak seperti Gurita kecil yang begitu komplek. Di setiap set otak terdapat sebuah pusat yang banyak cabangnya dan setiap cabang mempunyai  banyak koneksi. Setiap set otak dibuat lebih kuat dan canggih daripada kebanyakan peralatan komputer di dunia . Setiap set saling berhubungan dengan ratusan set yang lain dan mereka saling bertukar informasi. Dari triliunan sel otak tersebut, ada sepersepuluhnya terdiri neuron atau sel saraf aktif yang bisa terjadi  hingga 20.000 koneksi yang berbeda dengan sel-sel lain. Otak manusia terdapat  empat bagian dan pada tiga tingkatan yang berbeda dari atas batang otak dan yang keempat terselip di bagian belakang. Otak manusia juga memiliki dua sisi yang mana setiap sisinya mempunyai fungsi yang berbeda dan memproses informasi dengan cara yang berbeda pula. Konsep tiga otak dalam satu kepala ( otak triune) menjelaskan tentang cara kerja otak dan hubungannya dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang memaksimalkan fungsi otak berarti bukan  hanya memberdayakan satu belahannya saja, tetapi mengupayakan pemaksimalan kedua belahannya. Sehingga bisa menghasilkan siswa yang bukan hanya mampu berfikir berurutan dan terstruktur tetapi  mampu berfikir secara divergen, global dan kreatif. Secara neurosains, ingatan adalah proses kerja otak yang disertai penyimpanan memori di dalam sistem sinapsis antara neuron. Daya ingat berkaitan langsung dengan proses belajar karena memungkinkan seseorang untuk menyimpan dan mengambil informasi yang telah dipelajari. “Dengan demikian, daya ingat atau memori tergantung pada proses belajar.

 

Kata Kunci: Neurosains, Pembelajaran, Memori

References

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

NEUROSAINS DALAM PROSES BELAJAR DAN MEMORI. (2022). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 8(2), 216-231. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2.264

Most read articles by the same author(s)