NEUROSAINS DALAM PROSES BELAJAR DAN MEMORI
Abstract
Didalam ilmu Neuroscience dijelaskan bahwa otak manusia mempunyai kemampuan yang luar biasa. Otak manusia terdiri dari triliunan sel otak dan setiap inci otak tampak seperti Gurita kecil yang begitu komplek. Di setiap set otak terdapat sebuah pusat yang banyak cabangnya dan setiap cabang mempunyai banyak koneksi. Setiap set otak dibuat lebih kuat dan canggih daripada kebanyakan peralatan komputer di dunia . Setiap set saling berhubungan dengan ratusan set yang lain dan mereka saling bertukar informasi. Dari triliunan sel otak tersebut, ada sepersepuluhnya terdiri neuron atau sel saraf aktif yang bisa terjadi hingga 20.000 koneksi yang berbeda dengan sel-sel lain. Otak manusia terdapat empat bagian dan pada tiga tingkatan yang berbeda dari atas batang otak dan yang keempat terselip di bagian belakang. Otak manusia juga memiliki dua sisi yang mana setiap sisinya mempunyai fungsi yang berbeda dan memproses informasi dengan cara yang berbeda pula. Konsep tiga otak dalam satu kepala ( otak triune) menjelaskan tentang cara kerja otak dan hubungannya dengan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang memaksimalkan fungsi otak berarti bukan hanya memberdayakan satu belahannya saja, tetapi mengupayakan pemaksimalan kedua belahannya. Sehingga bisa menghasilkan siswa yang bukan hanya mampu berfikir berurutan dan terstruktur tetapi mampu berfikir secara divergen, global dan kreatif. Secara neurosains, ingatan adalah proses kerja otak yang disertai penyimpanan memori di dalam sistem sinapsis antara neuron. Daya ingat berkaitan langsung dengan proses belajar karena memungkinkan seseorang untuk menyimpan dan mengambil informasi yang telah dipelajari. “Dengan demikian, daya ingat atau memori tergantung pada proses belajar.
Kata Kunci: Neurosains, Pembelajaran, Memori
Downloads
References
http://www.kompasiana.com/opajappy/neurosains-menelusuri-misteri-otak-manusia_569670a 73 eaf bd59098b4571, Diunduh pada 02 Februari 2016
Ikrar, Taruna. 2018. Penjelasan Ilmiah Dibalik Fenomena Lupa dan Ingatan. Ahad 16 Sep 2018 12:47 WIB
Ikrar, Taruna. 2016. Ilmu Neorosains Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu, Memanusiakan Manusia, Bandung: Remaja Rosda Karya
Pasiak, Taufik. 2004. Membangunkan Raksasa Tidur. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Wijaya, Hengki. 2018. Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini, March 24, https://doi.org/10.0/CSS/ALL.CSS
Zahara, Eni. 2018. Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Otak. Jakarta: CV Pustaka Mediaguru
Copyright (c) 2022 Relly Maulita; Ermis Suryana, Abdurrahmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture