DESAIN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Dalam proses belajar mengajar dapat tercapai secara efektif dan efisien, kemampuan seorang pendidik dalam menguasai materi saja tidaklah mencukupi. Di samping penguasaan materi, seorang pendidik juga harus memiliki kemampuan untuk mengelola proses belajar mengajar dengan baik, yaitu melalui berbagai teknik atau metode penyampaian materi yang tepat dalam proses belajar mengajar sesuai dengan materi yang diajarkan dan kemampuan anak didik yang menerima materi. Metode ceramah adalah penyampaian yang dilakukan oleh guru dengan penuturan atau penjelasan lisan secara langsung di hadapan peserta didik. Ceramah dimulai dengan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, menyingkap garis-garis besar yang akan dibicarakan, serta menghubungkan antara materi yang akan disajikan dengan bahan yang telah disajikan.
Kata Kunci: Metode Ceramah, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Downloads
References
Zahara Djafar Tengku, Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Pembelajaran, (Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 2001)
Lintang Sappaile Baso, Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika Dan Mengontrol Sikap Siswa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 056 Tahun ke-11, September 2005
Syamsudi Makmun Abin, Psikologi Pendidikan Perangkat System Pengajaran Modul, (Bndung: PT. Rosda Karya, 2003)
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengn Pendekatan Baru, (Bandung: Rosda Karya, 2002),
Arief Armai, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), cet. I
Abdul Ghofir Zuraini, Dan Slamet As. Yusuf., Metodik Khusus Pendidikan Dilengkapi Dengan Sistim Modul Dan Permainan Simulasi, (Surabaya: Biro Ilmiah Fakultas IAIN Sunan Ampel Malang, 1981
Usman Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam,
Nata Abuddin, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2011),
Hamid Sholeh, Metode Edutaiment (Jogjakarta: Diva Press, 2011)
Majid Abdul, Perencanaan Pembelajaran ( Bandung: PT Remaja Rosda karya ,2009
Roestiyah, NK, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)
Copyright (c) 2022 Dafid Fajar Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture