STUDI ANALISIS TAFSIR AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai tafsir, yang merupakan proses pengungkapan lafazh Al-Qur’an, atau sebuah produk dari keilmuan seorang mufassir. Metode penelitian ini melalui studi pustaka dengan pendekatan analisis data. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi pengertian tafsir secara bahasa dan istilah, periode penafsiran Al-Qur’an, metode penafsiran Al-Qur’an, pengertian pendidikan Islam, dan relevansi tafsir Al-Qur’an dan pendidikan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tafsir sebagai intisari ialah menjelaskan makna lafazh-lafazh yang ada dalam al-quran, yang mampu menerangkan maksud dan tujuan al-quran sehingga bisa difahami dan diamalkan isinya. Dan intisari tafsir adalah merupakan sebuah proses dari masa ke masa dalam menerapkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, dan tafsir yang sebenarnya akan senantiasa terbarukan dengan hadirnya disiplin ilmu pengetahuan agar melahirkan karya tafsir yang baik. Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat besar bagi penggemar kajian Al-Qur’an. Penelitian ini hanya menerangkan topik terkait konsep Tafsir Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Lalu, penelitian ini merekomendasikan agar dapat melahirkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep Tafsir Al-Qur’an melalui kajian komprehensif perspektif ilmuwan yang berkiblat pada literatur tafsir Al-Qur’an secara rinci.
Downloads
References
Al-Farmawy, A. A.-H. (1996). Metode Tafsir Mawdhu’iy. RajaGafindo.
Al-Zarkasyi, B. M. I. A. (1972). Al- Burhan fi al- ‘Ulum al- Quran, Juz. 1. Isa al- Babi al- Halabi.
Al, M. S. M. S. et. (2020). al-Ta’lif al-Mu’ashir fi Qawa’id al-Tafsir: Dirasah Naqdiyyah li Manhajiyat al-Hukm bi al-Qa’idiyyah. Markaz Tafsīr li al-Dirasat al-Qur’aniyyah.
AlZarqani, M. A. A. (1972). Manahil al- Irfan fi ’Ulum al- Quran, Juz 1. Isa al- Babi alHalabi.
Anwar, H. (2020). Mengenal Tafsir Rasulullah. Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/ushuluna.v1i1.15146
Ash-Shabuniy, M. A. (1998). Studi Ilmu Al-Qur’an. Pustaka Setia.
Azizy, F. A. S. dan J. (2014). Membahas Kitab Tafsir Klasik dan Modern. Lembaga Penelitian dan Pengembangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan Dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Cantrik Pustaka.
Baharun, R. A. dan H. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Epistemologi Terhadap Problematika Pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 34--49.
Darmadji. (2013). Tafsir Al-Qur’an Tentang Teori Pendidikan Islam: Persepektif Pendidikan Islam di Indonesia. Hermeneutik, 7(1), 133.
Dikron, E. Z. dan M. (2020). Qira’at Abu ’Amr dan Validitasnya. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Dkk, A. T. (2005). Sejarah Pemikiran dan Tokoh Modernisme Islam. RajaGafindo.
Fauzi, M. R. (2021). Munasabah Al-Qur’an dan Relevansinya dengan Pendidikan Dasar Islam di Indonesia. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 177–190.
Hammad, M. ‘Umar bin. (2010). ‘Ilm Ushul al-Tafsir: Muhawalah fi al-Bina. Dar al-Salam.
Jamaruddin, M. Y. dan A. (2016). Studi Al-Qur’an. Asa Riau (CV. Asa Riau).
Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dinamika Ilmu, 13(2), 164.
Miswar, A. (2015). Tafsir Al-Qur’an Al-Majid“Al-Nur” Karya T.M.Hasbi Ash- Shiddieqy (Corak Tafsir Berdasarkan Perkembangan Kebudayaan Islam Nusantara. Jurnal Adabiyah, XV(1), 83–91.
Miswar, A. (2016). Perkembangan Tafsir Al-Qur’an Pada Masa Sahabat. Rihlah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 4(2), 145–161.
Mustaqim, A. (2010). Epistemologi Tafsir. LKis.
R.I, D. A. (1990). Al-Quran dan Terjemahnya. Toha Putra.
Sabir, M. (2019). Konsep-Konsep Dasar Tafsir. Al-Munir: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 35–54.
Shiddieqy, T. M. H. A. (1972). Ilmu-Ilmu al-Quran (Cet I). Bulan Bintang.
Syukur, A. (2015). Mengenal Corak Tafsir Al-Qur'an. El-Furqonia. 01(01), 84-104
Usman. (2010). Metafora al-Qur’an dalam Nilai-Nilai Pendidikan dan Pengajaran. Teras.
Zakariya, A. H. A. I. F. I. (1982). Mu’jam al- Muqayis alLughah, Juz. V (Cet II). Mustafa Babi al- Halabi.
Copyright (c) 2024 Muaddyl Akhyar, Zulheldi, Duski Samad (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture