PEMANFAATAN PROGRAM ADIWIYATA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PENGELOLAAN LIMBAH DI SDN BHAYANGKARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan program adiwiyata untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pengelolaan limbah di SD Negeri Bhayangkari kota Serang. Pada pemanfaatan program Adiwiyata untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pengelolaan limbah, peserta didik diharapkan dapat melestarikan, menjaga, dan merawat lingkungan sekitar yang tujuannya menjadikan sekolah berbudaya, sekolah yang bebasis lingkungan, dan menjadikan sekolah satu pembelajaran untuk warga sekolahnya. Selain itu, Pemanfaatan sampah menjadi barang yang berguna juga dapat mengurangi sampah yang ada di sekitar sekolah dan mampu meningkatkan kreativitas peserta didik karena pemanfaatan ini menjadikan sampah menjadi barang yang terpakai seperti tempat pensil, tempat tisu dan sebagainya. Penelitian ini meneliti terkait proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian (keterampilan). Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif karena menyajikan berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada hasil penelitian terdapat beberapa tahapan (1)Rencana pelaksanaan program adiwiyata untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pengelolaan sampah di SDN Bhayangkari (2) Proses Pelaksanaan program adiwiyata untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pengelolaan sampah di SDN Bhayangkari. Pada tahap (3) Keterampilan peserta didik dalam kreativitas pengelolaan sampah.
Kata Kunci : Adiwiyata, Sampah, Kreativitas
Downloads
References
Banten, D. P. (2014, Juni 14). Program Adiwiyata. Retrieved Oktober 5, 2022, from https://dlhk.bantenprov.go.id/read/article/40/Program-Adiwiyata.html
Lestari, Ika dan Linda Zakiah. (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran(cetakan 1). Bogor : ERZATAMA KARYA ABADI
Mahyudin, R. P. (2017). Kajian permasalahan pengelolaan sampah dan dampak lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jukung (Jurnal Teknik Lingkungan), 3(1).
Mauliana.(2022).Tujuan Program Adiwiyata,27
Octaviana, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Pembelajaran Di SDN 111 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Sani, R. A. (2017). Best Practices Manajemen dan Pengawasan Sekolah. Tangerang: Tira Smart.
Sudjimat, d. a. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan, 37.
Sumartini, A. R., Indriyani, N. M. V., & Putra, I. W. G. Y. D. (2021). PKM pemasaran komposter pengolahan sampah organik menjadi pupuk pada kelompok usaha tebe komposter di Badung. International Journal of Community Service Learning, 5(2)
uyun, s. (2020). manajemen sekolah / madrasah sekolah . Yogyakarta.
Copyright (c) 2024 Reksa Adya Pribadi, Sayidatul Fariha , Elsa Dwinatalia , Ramah Nur Intan (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture