IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK NABI DAUD AS DI LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR

  • Januariani Guru
  • Kojin Mashudi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: pendidikan profetik, Nabi Daud AS, lembaga pendidikan dasar

Abstract

Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam perkembangan kepribadian seseorang. Berdasarkan ilmu perkembangan peserta didik, seorang anak yang sedang berada dalam usia pendidikan dasar, yaitu 6 sampai 15 tahun tengah mengalami perkembangan baik secara fisik maupun psikologis. Anak pada usia tersebut akan mengalami masa-masa labil dalam pencarian jati diri sehingga memerlukan pondasi yang kuat dalam pembentukan kepribadian. Pendidikan profetik merupakan pendidikan yang menjadikan para nabi sebagai teladan dalam pembentukan karakter mulia pada peserta didik. Pendidikan profetik berbasis pada Al Qur’an dan sunnah dengan harapan agar tujuan pendidikan dapat dicapai, tidak hanya tujuan hidup di dunia, melainkan hingga tujuan di akhirat. Maraknya penurunan karakter mulia pada peserta didik, menjadikan pendidikan profetik sebagai upaya pembentukan karakter, utamanya pada peserta didik pada jenjang pendidikan dasar perlu diterapkan. Nabi Daud AS sebagai salah satu rasul Allah yang dianugerahi Kitab Zabur, memiliki nilai-nilai profetik yang dapat diajarkan kepada peserta didik. Nilai-nilai profetik Nabi Daud AS meliputi nilai tauhid, nilai ibadah, dan nilai akhlaq. Sedangkan akhlaq yang dapat diteladani dari Nabi Daud AA diantaranya adalah sabar, jujur, patuh, adil, amar ma’ruf, tidak mengikuti hawa nafsu, dan syukur. Penulis menyimpulkan bahwa nilai-nilai profetik Nabi Daud AS ini sangat tepat jika ditanamkan kepada peserta didik jenjang Pendidikan Dasar, sebab pendidikan dasar merupakan tahap awal dalam meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Munir dan Sudarsono, 1994. Dasar-Dasar Agama Islam, cet. 1. Jakarta: Rineka Citra
Al-Ghazali, Imam, t.t. Ihya Ulumu al-Din, jilid. 3. Beirut: Dar al-Fikr
Al-Munawwar, Said Aqil, 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, cet, 2. Jakarta: Ciputat Press
Anis, Ibrahim, 1972. al-Mu’jam al-Wasith. Mesir: Dar al-Ma’arif
Antonio, M. S. 2009. Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager, Jakarta: Tazkia Publising
Asad, Muhammad, t.t. The Message of the Qur‟an, tp
Ath-Thahir, Hamid Ahmad, 2006. Akhlak Islami Si Buah Hati, cet, I. Solo: Pustaka Arafah
Azizi, A. Qodri, 2003. Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, cet. 2 (Semarang: Aneka Ilmu
Az-Zuhaili, Wahbah, 2013. At-Tafsir Al-Wasith Jilid 2, terj. Muhtadi, dkk. Jakarta: Gema Insani
Baraja, Umar bin Ahmad, t.t. Akhlak Lil Banin: Lil Hubbi al-Madaris al-Islamiyah bi Indonesia. Surabaya: Muhammad bin Ahmad
Daradjat, Zakiah, 1979. Ilmu Jiwa Agama cet. 7, Jakarta: Bulan Bintang
Daradjat, Zakiah, 2012. Kepribadian Guru, cet. 2 jilid 1. Jakarta: Gema Insani
Daradjat, Zakiyah, 1997. Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia, cet. 4. Jakarta: Bulan Bintang
Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Hamka, 1983. Tafsir Al-Azhar Juz I, Jakarta: Pustaka Panjimas
Hilmy, Masdar, 2008. Islam Profetik; Subtansiasi Nilai-nilai Agama dalam Ruang Publik, Yogyakarta: Kanisius
Hurlock dalam Langgersari Elsari Novianti, 2009, Makalah Perkembangan Sosial pada Anak Homeschooling Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun), Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Bandung
Hurlock, Elizabeth B. (alih bahasa, Meitasari Tjandrasa, Muslichah Zarkasih, editor, Agus Dharma), 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Khon, Abdul Majid, 2012. Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan cet. 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Kuntowijoyo. 1994. Dinamika Sejarah Umat Isalm Indonesia. Yogyakarta: Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar
Marzuki, 2019. Pendidikan Karakter Islami, Jakarta: AMZAH
Mazhahiri, Husain, Jihad an-Nafs, terj. Ahmad Subandi, 2000. Meruntuhkan Hawa Nafsu Membangun Rohani, cet.2. Jakarta: PT Lentera Basritama
Purba, Hadis, 2011. Tauhid: Ilmu, Syahadat dan Amal cet.1. Medan: IAIN Press
Rinaldi, Imam, 2018. Nilai-nilai Pendidikan dalam Al Qur’an : Kajian Kisah Nabi Daud AS, UIN Sumatra Utara : Tesis, tidak dipublikasikan
Rosyadi, Khoiron, 2009. Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sahara Idris, 1987. Dasar-Dasar Kependidikan, Padang: Angkasa Raya
Shihab, M. Quraish, 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian, Vol. 9. Jakarta: Lentera Hati
Shihab, M. Quraish, 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian, Vol. 8. Jakarta: Lentera Hati
Shihab, M. Quraish, 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan,Kesan dan Keserasian, Vol. 11. Jakarta: Lentera Hati
Shihab, M.Quraish, Wawasan Alquran, (Bandung: Mizan, 1996)
Shofan, Moh. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik : Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. Yogyakarta: IriSoD
Syafi’i, Rachmat, 2000. al-Hadis Akidah, Akhlak, Sosial dan Hukum. Bandung: CV. Pustaka Setia
Syahidin, et.al., 2009. Moral dan Kognisi Islam: Buku Teks Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, Cet. 3. Bandung: CV Alfabeta
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (Undang-undang) Sisdiknas Bab VI Pasal 17
Yandri, Elwi Yandri Elwi, 2018. Dimensi Pendidikan Islam Dalam Surat An-Naml Ayat 15-44 (Analisis Kisah Nabi Sulaiman As Dengan Ratu Balqis),” Ruhama : Islamic Education Journal Volume 1 Nomor 1
Yunus, Mahmud, t.t. Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: P.T. Hidakarya Agung
Zein, A. 2008. Prophetic Leadership: Kepemimpinan Para Nabi. Bandung: Madania Prima
Zein, Achyar, 2015. Pesan-Pesan Moral dalam Ai-Qur’an, Medan: Perdana Publishing
Zubaedi, 2015. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: Kencana
Published
2024-02-07
Section
Articles