ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN SEKOLAH INKLUSI MELALUI PENGAMATAN LINGKUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
Abstract
Education is the right of every citizen, including Children with Special Needs (ABK). Education for ABK is carried out in the form of inclusive education. The achievement of goals in inclusive education is pursued in various ways, including through service management. Service management includes planning (planning), organizing (organizing), implementation (actuating), and supervision (controlling). This research is a type of qualitative research that aims to determine the analysis of inclusive school service management through environmental observations. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews, observation, and documentation. While the data analysis technique is done by data exposure, data condensation, and drawing conclusions. The results of the study show that Muhammadiyah 1 Tulungagung Elementary School as a school providing inclusive services conducts a SWOT analysis when planning service programs for Students with Special Needs (PDBK). The results of the SWOT analysis are used to determine the type of service to be provided. Good service management is expected to be able to increase a sense of comfort, self-confidence, and the ability to socialize in students with special needs. Finally, the ultimate goal of inclusive education, namely increasing competency in PDBK, will be achieved.
Downloads
References
Agustin, Ina, 2016. Manajemen Pendidikan Inklusi di SD Sumbersari 1 Kota Malang, Education and Human Development Journal Volume 1 Nomor 1
Al-Qur’an Kemenag dalam https://quran.kemenag.go.id/ diakses pada tanggal 11 Oktober 2022 pukul 07.55 WIB
Amka, 2019. Pendidikan Inklusif bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Kalimantan Selatan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 4 Nomor 1
Bahri, Syaiful, 2022. Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 1
E. Mulyasa, 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Rosdakarya
Hanifah, Diva Salma dkk, 2021. Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 2 No. 3
Hidayat, Rahmat dan H. Candra Wijaya, 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam, Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia
Indriani, Fitri dan Satrianawati, 2018. Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berbasis Nilai-Nilai Pancasila di SD Negeri Taman Sari Kota Yogyakarta, Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 35 Nomor 2
Ivancevich dkk, 2000. Manajemen Kualitas dan Kompetitif terj. Muhammad Musa, Jakarta: Fajar Agung
Khairuddin, 2020. Pendidikan Inklusi di Lembaga Pendidikan, Jurnal Tazkiya Volume IX Nomor 1
Lestari, Fitria Dewi Puji, 2017. Manajemen Pendidikan Inklusi di SMP, Jurnal Pendidikan Khusus UNESA
Madhi, Jamal, 2002. Menjadi Pemimpin yang Efektif dan Berpengaruh Tujuan Manajemen Kepemimpinan Islam, Terj. Amang Syafrudin dan Ahmad Fauzan, Bandung: PT Syaamil Cipta Media
Mukarom, Zaenul dan Muhibudin Wijaya Laksana, 2015. Manajemen Pelayanan Publik, Bandung: CV Pustaka Setia
Muslim, Jalim, 2018. Pendidikan Kesehatan Mental Bagi anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Disertasi tidak dipublikasikan
Nurfatah dan Yasir Arafat, 2017. Pendidikan Inklusi sebagai Implementasi Nilai-nilai Karakter Bangsa, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2 Nomor 2
Permen PAN Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Permendiknas RI Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa
Qomar, Mujamil, 2007. Manajamen Pendidikan Islam, Jakarta : Erlangga
Rahim, Abdul, 2016. Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi dalam Mewujudkan Pendidikan untuk Semua, Trihayu Jurnal Pendidikan ke-SD-an Volume 3 Nomor 1
Rohmah, Noer, 2019. Pengawasan Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an Hadits, Jurnal Pendidikan Ilmiah Volume 4 Nomor 2
Siregar, Awaluddinsyah, 2021. Implementasi Manajemen Pelayan Prima di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbari, UIN Suska Riau : Tesis tidak dipublikasikan
Sukadari, 2020. Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) melalui Pendidikan Inklusi, Jurnal Elementary School Volume 7 Nomor 2
Syafarudin dan Irwan Nasution, 2005. Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching
Terry, George R, 2006. Prinsip-prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara
Trimo, 2012. Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi, JMP Volume 1 Nomor 2
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Copyright (c) 2023 Januariani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture