Dimensi Multikulturalisme Dalam Lingkaran Kecerdasan Qur’ani Di pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Semanding Pare

Authors

  • Ali Muchasan STAI HASANUDDIN PARE, INDONESIA
  • Dhuhaa Rohmawan Institut Agama Islam Hasanuddin Pare

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1555

Keywords:

Multikulturalisme, Kecerasan qur’ani

Abstract

Pondok Pesantren Sirojul Ulum sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam didirikan untuk menciptakan kedamaian dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang cakrawala pemikiran, keilmuan dan pengalaman bagi umat Islam. Lembaga ini merupakan wujud dan implementasi dari cita-cita dan harapan umat Islam Kediri untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang mampu mencetak pemimpin umat, khususnya umat Islam Kediri yang berkualitas yang memiliki kecerdasan qur’ani khususnya dalam dimensi multikulturalisme yang akan dibahas dalam artikel ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data baik secara induktif, deduktif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum Pare telah menanamkan pendidikan multikultural kepada para santrinya. Hal ini tergambar dari nilai-nilai religius yang ditanamkan kepada para santri saat pembelajaran dan menghafal al-qur’an seperti persaudaraan (fraternity), kerjasama, perjuangan yang semuanya diajarkan persamaan hak asasi manusia sebagaimana tuntunan dalam Alquran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ad-Damsyiqi, Ibnu Hamzah Al Hanafi. 2003. اﻟﺤﺪﯾﺚ ورود اﺳﺒﺎب ﻓﻲ واﻟﺘﻌﺮﯾﻒ اﻟﺒﯿﺎن اﻟﺸﺮﯾﻒ, diterjemahkan oleh: M. Suwarta Wijaya&Zafrullah, Asbabul Wurud Latar Belakang Historis Timbulnya Hadits-hadits Rasul, Jakarta: Kalam Mulia

Anwar, Rosihan, 2012. Pengantar Ulumul Quran, Bandung: Pustaka Setia

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos, 2002)


Baidan, Nashruddin, 2011, Wawasan Baru Ilmu Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamka, 2015. Tafsir Al-Azhar: Jilid 2
Hamka, 2015. Tafsir Al-Azhar: Jilid 4
Hamka, 2015. Tafsir Al-Azhar: Jilid 9

Jihan Abdullah, “Pendidikan Islam Multikultural” Jurnal Penelitian Ilmiah: Istiqro’ Volume 2

Kamil, Musthofa, 2004. Membuka Hati Membuka Jendela Langit: Zikir untuk Identifikasi dan Aktualisasi Potensi Diri, Solo: C-Harde

Koentjaraningrat, 1983. Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia,

Khilmiyah, Akif. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Samudra Biru,

Mujib, Abdul, 2002. Nuansa-nuansa Psikologi Islami, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhammad Imarah, Islam dan Pluralitas (Jakarta; Gema Insani,1999)

Mundzier Suparta, Islamic Multikultural Education, ( Jakarta: Al-Ghazali Center, 2008)

M. Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural, Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan (Yogyakarta: Pilar Media, 2005)
M. Basman, “Pengembangan Pendidikan Multikultual di Pergurun Tinggi” (Makalah yang disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Multikulturalisme di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon

Nunu Ahmad an-Nahidil, “Pesantren dan Dinamika Pesan Damai” dalam Edukasi, Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan, Vol.4 No.3 ( Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2006)

Roswati Nurdin, Multikulturalisme dalam Tinjauan Alquran, (Cirebon: Jurnal Al-asas, 2019)
Shihab, M. Quraisy, 2011, Tafsir Al-Misbah Volume 13

Shihab, M. Quraisy, 2011, Tafsir Al-Misbah Volume 2

Shihab, M. Quraisy, 2011, Tafsir Al-Misbah Volume 6.
Sugiyono, 2015. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung : Alfabeta, 22. Terdapat dalam buku Akif Khilmiyah. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Samudra Biru, 182. Juga terdapat dalam buku Husaini Usman & Purnomo S, Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Sutoyo, Anwar, 2015. Manusia dalam Perspektif Al-Qurân.

S. Reber, Arthur dan Emily, 2010. The Penguin Dictionary Of Psychology, penerjemah Yudi Santoso, Kamus Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Walsh, Roger. 2004. Essential Spirituality, Penerjemah Edi Setya, Yogyakarta: Pohon Sukma
Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim, 2016. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengindentifikasikan dan Mengembangkan Multitalenta Anak, Jakarta: Prenadamedia Group

اﻟﻌﻼﻣﺔ اﻟﺮاﻏﺐ اﻻﺻﻔﮭﺎﻧﻲ, ﻣﻔﺮدات اﻟﻔﺎد اﻟﻘﺮان, دﻣﺴﻖ ﺑﯿﺮوت: اﻟﺪاراﻟﺸﺎﻣﯿﺔ, داراﻟﻘﻠﻢ,
646. اﻟﻌﻼﻣﺔ اﻟﺮاﻏﺐ اﻻﺻﻔﮭﺎﻧﻲ, ﻣﻔﺮدات اﻟﻔﺎد اﻟﻘﺮان, دﻣﺴﻖ ﺑﯿﺮوت: اﻟﺪاراﻟﺸﺎﻣﯿﺔ, داراﻟﻘﻠﻢ,

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Muchasan, A., & Rohmawan, D. (2025). Dimensi Multikulturalisme Dalam Lingkaran Kecerdasan Qur’ani Di pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Semanding Pare. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 11(2), 291–316. https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1555

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>