ANALISIS ETOS DAN ETIKA BISNIS PADA BARACK PROFESIONAL LAUNDRY
Abstract
Saat ini usaha mikro kecil dan menengah menjadi jenis usaha yang berkontribusi pada perekonomian dalam negeri. Sebagaimana yang dipaparkan bahwa eksistensi UMKM semakin nyata terlihat, maka eksistensi UMKM dari usaha laundry juga semakin nyata terlibat. Eksistensi tersebut tidak dapat terlepas dari etos dan etika bisnis yang diterapkan oleh pelaku usaha khususnya usaha dalam bidang jasa pencucian atau laundry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etos dan etika bisnis pada bisnis laundry. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data atau penyederhanaan, paparan atau sajian data, dan penarikan kesimpulan. Etos kerja yang diimpelementasikan yaitu etos kerja keras, etos kerja cerdas, etos kerja ikhlas. Adapun etika yang diimplemetasika yaitu tauhid (kesatuan), khilafah (perwakilan), ibadah (penyerahan total), tazkiyah (kejujuran, keadilan, keterbukaan), ihsan (kebaikan orang lain, kebersamaan, profesionalisme).