EFEKTIFITAS SYARIAH MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA BMT-UGT NUSANTARA CABANG PEMBANTU PARE-KEDIRI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya marketing di suatu lembaga baik lembaga yang memproduksi barang atau produk maupun lembaga yang bergerak di bidang jasa, sebaik apapun suatu produk atau jasa yang di miliki suatu lembaga jika marketingnya kurang bagus maka akan sulit di kenal oleh masyarakat sebagai lembaga syariah maka sistem marketingnya juga harus sesuai dengan yang telah di tauladankan dan dianjurkan Rosululoh MUHAMMAD SAW. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana evektifitas Syariah Marketing sebagai upaya peningkatan loyalitas anggota di BMT-UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare-Kediri (2) Bagaimana evektifitas kualitas pelayanan sebagai upaya peningkatan loyalitas anggota di BMT UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare-Kediri. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Anggota BMT-UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare-Kediri. merasa loyal karena dengan sistem pemasaran nya yaitu Syariah Marketing yang diberikan kepada mereka. Bisa dikatakan apa yang mereka rasakan adalah memang apa yang mereka informasikan, (2) Loyalitas anggota dipicu dengan adanya kualitas pelayanan yang baik. Dimana kualitas pelayanan yang diberikan kepada anggotanya sudah cukup bagus, karena beberapa anggota tingkat loyalitasnya sudah cukup tinggi kepada produk dan jasa yang diberikan.