PENGARUH KUALITAS PRODUK TABUNGAN UMUM SYARIAH TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA BAITUL MAAL WA TAMWIL UNIT GABUNGAN TERPADU NUSANTARA CABANG PEMBANTU PARE-KEDIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh Produk Tabungan Umum Syariah terhadap kepuasan anggota BMT UGT Nusantara Capem Pare. 2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh Produk Tabungan Umum Syariah terhadap kepuasan anggota BMT UGT Nusantara Capem Pare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan model regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah para anggota UGT Nusantara Cabang Pembantu Pare-Kediri. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 97 responden yang ditentukan dengan rumus nomogram Hary King, dengan menggunakan teknik NonProbability. Sampling dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Data dikumpulkan dengan angket, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh produk terhadap kepuasan anggotaUGT Nusantara dapat dilihat dari hasil uji t dan uji koefisien determinasi (R square). T hitung sebesar 10,790> t tabel 1,980 maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian terdapat pengaruh positif antara produk terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 55,1%, menandakan perubahan yang terjadi pada kepuasan pelanggan terhadap produk. Terhadap sisa 44,9% (100% - 55,1%) merupakan pengaruh terhadap kepuasan anggota dari faktor lainnya selain faktor produk. Hasil koefisien regresi untuk variabel produk (X1) sebesar 0,626 dapat diartikan bahwa jika produk baik maka kepuasan anggota akan meningkat.