PENGARUH HEDONISME, LITERASI KEUANGAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMSI

( Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Hasanuddin Kec. Pare Kab. Kediri )

  • Danang Permadi IAI HASANUDDIN PARE
  • Muhammad Akbar Rais

Abstract

Abstrak
Jenis penelitian ini adalah  penelitian kuantitatif.  Populasi sebanyak 511 mahasiswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara penarikan sampel secara acak, angket tersebut dibagikan ke mahasiwa berjumlah 100 orang dan yang dibutuhkah 70  angket. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah dengan metode angket, observasi, wawancara. Peneliti menganalisis data dengan cara uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji regresi berganda, uji hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) nilai F yang diperoleh sebesar 7.289> nilai F tabel sebesar 3,962 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya Hedonisme, berpengaruh tehadap perilaku konsumsi mahasiswa. Koefisien regresi sebesar  0,118 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 skor hedonisme akan menambah nilai perilaku konsumsi sebesar 0,118;  2) nilai F yang diperoleh sebesar 7.289> nilai F tabel sebesar 3,962 maka H0 ditolak dan H2 diterima artinya Literasi Keuangan berpengaruh tehadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. Koefisien regresi sebesar  -0,236 menyatakan bahwa setiap pengurangan (karena tanda negatif (-) 1 skor literasi keuangan akan mengurangi nilai perilaku konsumsi sebesar -0,236; 3) nilai F yang diperolah sebesar 7.289> nilai F tabel sebesar 3,962 maka H0 ditolak dan H3 diterima artinya Religiusitas berpengaruh tehadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa. Koefisien regresi sebesar  0,015 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 skor religiusitas akan menambah nilai perilaku konsumsi sebesar 0,01.

 

Kata Kunci : Hedonisme, Literasi Keuangan, Religiusitas, Perilaku Konsumsi

 

 

Abstract

This research is quantitative. The population was 511 students. Data were obtained through random sampling. The questionnaires were distributed to 100 students, with 70 questionnaires required. The data collection methods included questionnaires, observation, and interviews. The researchers analyzed the data using validity tests, reliability tests, classical assumption tests (normality tests, multicollinearity tests, and heteroscedasticity tests), multiple regression tests, and hypothesis tests. The results of the study concluded that: 1) the F value obtained was 7.289, which is higher than the F table value of 3.962. Therefore, H0 is rejected and H1 is accepted, indicating that hedonism influences student consumption behavior. The regression coefficient of 0.118 indicates that every 1 increase in hedonism score will increase consumption behavior by 0.118. 2) The F value obtained is 7.289 > the F table value of 3.962, so H0 is rejected and H2 is accepted, meaning that financial literacy influences student consumption behavior. The regression coefficient of -0.236 indicates that every 1 reduction (due to the negative sign (-) of the financial literacy score) will reduce the consumption behavior score by -0.236; 3) The F value obtained is 7.289 > the F table value of 3.962, so H0 is rejected and H3 is accepted, meaning that religiosity influences student consumption behavior. The regression coefficient of 0.015 indicates that every 1 increase in the religiosity score will increase the consumption behavior score by 0.01.

 

Keywords: Hedonism, Financial Literacy, Religiosity, Consumption Behavior

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-11