Relevansi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih terhadap Penguatan Pendidikan Karakter di Era Transformasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.55148/arrosyad.v3i2.1707Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji relevansi konsep pendidikan Islam terhadap penguatan pendidikan karakter di era transformasi digital dengan menggunakan metode library reasearch. Transformasi digital yang telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan.menjadi salah satu tantangan dalam pembentukan karakter peserta didik di era kemajuan teknologi. Oleh karena itu, dalam merumuskan strategi dalam menguatkan pendidikan karakter yang efektif. diperlukan pendekatan yang integratif dan filosofis. Ibnu Miskawaih, seorang filsuf Persia ternama pada abad 10 memiliki konsep pendidikan yang menekankan pada pembentukan akhlak dan moral sebagai inti dari tujuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Ibnu Miskawaih sangat relevan terhadap penguatan pendidikan karakter di era transformasi digital, karena Ibnu Miskawaih lebih menekankan pada pengembangan potensi akal dan moral secara seimbang, pembiasaan amal baik, serta pentingnya peran pendidik sebagai teladan. Integrasi konsep pendidikan Ibnu Miskawaih dalam sistem pendidikan era modern dapat menjadi solusi dalam mengatasi degradasi moral akibat penyalahgunaan teknologi