ANALISIS SOSIOLOGIS TERHADAP PRAKTIK LIVING QUR’AN (DALAM TRADISI PEPERAHAN di KEC. ANYER SERANG -BANTEN)
DOI:
https://doi.org/10.55148/arrosyad.v3i2.1143Keywords:
Tradisi Peperahan, Hubungan Living Qur’an, Pendekatan SosiologiAbstract
Tulisan ini membahas tradisi Peperahan yang dilaksanakan di Kecamatan Anyer Serang- Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara nilai-nilai tradisi Peperahan dengan konsep Living Qur’an serta memahami makna tradisi Peperahan melalui analisis sosiologis yang mencakup aspek obyektif, ekspresif, dan dokumenter. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam makna ekspresif, tradisi Peperahan menggambarkan manifestasi budaya dan religius masyarakat Anyer, Serang, Banten melalui berbagai ritual serta ekspresi kebersamaan. Analisis dokumenter tradisi Peperahan mencatat dan merekam berbagai aspek kehidupan sosial dan keagamaan masyarakat, sementara secara obyektif, tradisi Peperahan dapat dilihat sebagai struktur sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh berbagai aspek kehidupan masyarakat.
Downloads
References
Abdulsyani. (2007). Sosiologi: Skematik Teori Dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksaran.
ALl-Tirmidzi, & Al-Tirmidzi. (1975). Sunan Al-Tirmidzi Juz 5. Mesir: Mustofa Al-Babi al-Halbi.
Al-Munjid, M. S. (2009). Mauqi' al-Islam Su'alu Wa Jawab Juz 3. Maktabah Syamillah.
Aziz, A. (2009). Filsafat Pendidikan Islam . Yogyakarta: Teras.
Fauziyah, S. (2016, Juli-Desember). Upacara-upacara dalam Budaya Masyarakat Banten. Tsaqofah :Jurnal Agama dan Budaya.
Gaffar, A. (2020). The Development of Islamic Thought on Multipl Perspectives. Pamekasan: Al-Khairat Press.
Hasbillah, A. '. (2019). Ilmu Living Qur'an-Hadist Ontologi, Epistemologi dan Akseologi. Ciputat: Maktabah Darus-Sunnah.
Imani, K. F. (2014). Tafsir Nurul Qur'an, terj. Arif Mulyadi dan Khalid Sitaba Jilid 15. Jakarta : Nur Al-Huda.
Ismail, N. D., & Salim, M. (2018). Yasin Karamah Khasiat dan Keutamaan Surat Yasin . Tanggerang: Al-Aras.
Jackman, A. (2005). How To Negotiate :Teknik Sukses Bernegosiasi. Jakarta: Erlangga.
Jafry, A. F. (2012). Detik-Detik Menuju Kematian . Jakarta: Aulia.
Khoirudin, M. (2014, September). Pendekatn Sosiologi Dalam Studi Islam.
Lubis, M., & Zubaedi. (2009). Evaluasi Pendidikan Nilai. Bengkulu : Pustaka Pelajar.
M, N. (2015). Tafsir Al-Amtsal. Jakarta: Serda Pres.
Mannheim, K. (1999). Idiologi dan Utopia: Menyingkap Kaitan Pikiran dan Politik, Terj. F Budi Hardiman. Yogyakarta: Kanisius.
Mansur, M. (n.d.). Living Qur'an dalam Lintasan Sejarah Studi Al-Qur'an.
Mansyur, M. (2017). Metodologi Penelitian Living Qur'an dan Hadist. Yogyakarta: TH Press.
McGuire, R. (2004). Negotiation: An In Important Life Skill. Jurnal The Pharmaceutical.
Mildawati. (2021). Pemaknaan Living Quran Dalam Tradisi Bahum di Desa Sungai Harang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Muasarah : Jurnal Kajian Islam Kontemporer.
Mudzar, A. (2017, Januari). , Islam and Islamic law in Indonesia A Socio Historical Approach, Bani Sudardi, “Hegemoni Budaya Dalam Tradisi Manaqiban. Madaniyah.
Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Ilmu. Bandung: Alfabeta .
Muslim, A. H. (1955). Sahih Muslim Juz 1. Kairo: Al-Babi al-Halbi.
Najib, M. M. (2023). Tradisi Pembacaan Surah Al-Waqiah Studi Living Qur'an di Pondok Pesantren Al-Tanwiriyyah Al-Arifiyyah Ngretos-Nganjuk. Ar-Rosyad : Jurnal Keislaman dan Sosial Humaniora .
Nata, A. (2001). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nursolihah, M., & Widianti, M. (2020). Analisis Karakteristik Khusus Teks Negosiasi. Literasi.
Poerwadarminta. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka.
Potabunga, Y. F. (2020). Pendekatan Antropologi dlam Studi Islam. Jurnal Transformatif.
Ridwan, M. D. (2001). Tradisi Baru Penelitian Agama Islam Tinjauan Antar Disiplin. Bandung: Nuansa Ilmu.
Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2005). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Pernada Media.
Said, H. A. (2016, Juni). Islam dan Budaya Banten :Menelisik Tradisi Debus dan Maulid. Kalam :Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam.
Seha, N. (2016). Pertarungan Sultan Maulana Hasanudin dan Prabu Pucuk Umun. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Sihab, Q. (2002). Tafsir Al-Misbah, Vol.11. Jakarta: Lentera Hati.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Dan R &D. Bandung: alfabeta.
Suheri. (2019). Akomodasi Komunikasi . Jurnal Network Media.
Syamsuddin, S. (2007). Ranah-ranah Penelitian dalam Studi Al-Qur'an dan Hadist mEtodologi Penelitian Qur'an dan Hadist. Yogyakarta: Teras.
The Living Al-Qur'an dan Hadist : Beberapa Perspektif Antropologi. (2012). Jurnal Walisongo.
Yusuf, M. (2007). Pendekatan sosiologi Dalam Penelitain Living Qur'an.
Zuhaili, W. (2016). Tafsir al-Munir Fi al-Aqidat Wa al-Syari'at Wa al-Manhaj Cet ke-1, jilid 1. Jakarta: Gema Insani.
Zulfikar, E. (2018, Desember). Interpretasi Mkana Riya Dalam Al-Qur'an : Studi Kritis Perilaku Riya Dalam Kehidupan Sehari-hari. Al-Bayan : Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir.
Wawancara
Afendi, Pemuka Agama Desa Mekar Sari, wawancara dengan penulis 03 Mei 2024.
Asmaroni, Tokoh Masyarakat kampung Keramat Asem desa Mekar Sari Kecamatan Anyer, wawancara pada 03 Mei 2024.
Asnawi, Tokoh Masyarakat/ sesepuh Kp. Keramat Asem ds.Mekar Sari Kec.Anyer, wawancara dengan penulis pada 28 April 2024 .
Rahmat Sujana,S.H, Tokoh Masyarakat Kampung Keramat Asem Desa Mekar Sari, Wawancara pada 03 Mei 2024
M.Suja’i, Masayarakat Kota Cilegon Kec.Margagiri, Wawancara Via Handphone, pada tanggal 26 April 2024.