Dimensi Multikulturalisme Dalam Lingkaran Kecerdasan Qur’ani Di pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Semanding Pare

Authors

  • Ali Muchasan STAI HASANUDDIN PARE, INDONESIA Author
  • Dhuhaa Rohmawan Institut Agama Islam Hasanuddin Pare Author
  • Dafid Fajar Hidayat. HS IAI Hasanuddin Pare Author

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1555

Keywords:

Multikulturalisme, Kecerasan qur’ani

Abstract

Pondok Pesantren Sirojul Ulum sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam didirikan untuk menciptakan kedamaian dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang cakrawala pemikiran, keilmuan dan pengalaman bagi umat Islam. Lembaga ini merupakan wujud dan implementasi dari cita-cita dan harapan umat Islam Kediri untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang mampu mencetak pemimpin umat, khususnya umat Islam Kediri yang berkualitas yang memiliki kecerdasan qur’ani khususnya dalam dimensi multikulturalisme yang akan dibahas dalam artikel ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Desain penelitian adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data baik secara induktif, deduktif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul Ulum Pare telah menanamkan pendidikan multikultural kepada para santrinya. Hal ini tergambar dari nilai-nilai religius yang ditanamkan kepada para santri saat pembelajaran dan menghafal al-qur’an seperti persaudaraan (fraternity), kerjasama, perjuangan yang semuanya diajarkan persamaan hak asasi manusia sebagaimana tuntunan dalam Alquran.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Dimensi Multikulturalisme Dalam Lingkaran Kecerdasan Qur’ani Di pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Semanding Pare. (2025). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 11(2), 291-316. https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1555

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>