PEMANFAATAN TEKNOLOGI DI PESANTREN ( DAMPAK DAN SOLUSI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN )
Abstract
Abstrack: Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang berfungsi untuk memberikan pendidikan agama kepada santri atau peserta didik. Pesantren tradisional cenderung mempertahankan nilai-nilai dan metode pembelajaran yang telah ada sejak lama, dengan fokus pada pembelajaran Al-Quran, Hadis, Fiqih, dan lainnya. Namun, dengan perkembangan teknologi di era modern, pesantren juga mulai mengadopsi teknologi untuk meningkatkan proses pembelajaran dan manajemen pesantren. Dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan metode library research (Studi Kepustakaan) dimana pengumpulan data dilakukan dengan mencari beberapa sumber teori dari beberapa literatur yang kemudian disesuaikan dengan kondisi lingkungan (pondok pesantren). Pemanfaatan teknologi di pesantren memiliki dampak signifikan dalam konteks Pendidikan. Dampak tersebut meliputi peningkatan aksebilitas Pendidikan, diversifikasi sumber belajar, keterlibatan aktif siswa, monitoring dan evaluasi yang lebih evisien, serta pelatihan dan pengembangan guru.
Downloads
References
Anis Humaidi, 2019. Bargaining Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0, Prosiding Nasional Pasca IAIN Kediri
Amir Hamzah, 2009. Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran, Tadrîs. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 4. Nomor 2.
Ahmad Budi Setiawan, 2018. Penanggulangan Dampak Negatif Akses Internet Di Pondok Pesantren Melalui Program Internet Sehat, Jurnal Penelitian Komonikasi, Volume 15 No.1
A. Mardjun, 2007. Tantangan Pendidikan Islam Abad 21. Jurnal Hanafa, Volume 4 No. 1
Abu Darda, 2015. Integrasi Ilmu dan Agama: Perkembangan Konseptual di Indonesia, Jurnal At-Ta’dib, Vol 10 No. 10
Bachtiar, A. 2019. Pendidikan ruhani dalam Alquran. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, Volume 2 No.1
Iryana, W. 2015. Tantangan Pesantren Salaf di Era Modern. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan KeIslaman, Volume 2 No.1
Kusnandar, C. & Kurniawati, I. 2005. Studi Pemanfaatan E-dukasi.net di Sekolah. Jurnal Teknodik
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Data Pokok Pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Nur Syam (2005). Kepemimpinan dalam Pengembangan Pondok Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Nurkholish Madjid. 1997. Biliki-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta:Paramadina.
Nur Indah Nopriska Rizaldi, 2022. Adopsi Teknologi pada Pesantren Menuju Generasi Rabbani, Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam Volume 5 No.1 ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online) DOI: 10.37542/iq.v5i01.307
N. F. Natsir, 2007. Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Marita Nur Sekti, 2022. Transformative Learning Terhadap Pelestarian Permaianan Tradisional Pada Anak Jalanan Di Lingkungan Kampoeng Dolanan Surabaya, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya Open Access: /https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls, Volume 6 Number 1, pp 01-06 E-ISSN: 2580-8060
Muhammad Zul Fadli, 2021. Tantangan Dunia Pesantren Era Milenial, AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol. 7, No. 2
M. B. Ghazali, 2001. Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan: Kasus Pondok Pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura, (Jakarta: Pedoman Ilmu,)
Suparlan, 2019. Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran, Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan Volume 1, Nomor 2
Copyright (c) 2024 ali muchasan, Nur Syam, Anis Humaidi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture