PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING di SMPN 7 KOTA KEDIRI
Abstract
Penelitian tentang model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini dilakukan untuk menyikapi problematika guru yang muncul dalam mengaplikasikan model pembelajaran pada kurikulum 2013 terlebih untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini menjadi sangat urgen karena model pembelajaran PBL diharapkan guru mampu mengembangkan model pembelajaran dalam PAI serta menyetarakan aspek kognitif, aspek afektif dan konatif-volitif, yakni kemampuan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama.
Fokus penelitian ini adalah : Bagaimana mengorientasikan, mengorganisasikan, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 KotaKediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, dokumentasi serta wawancara mendalam. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Kota Kediri ialah Mengorientasi peserta didik menggunakan pendekatan konstruktivistik, menggunakan pendekatan saintifik, menggunakan stimulus dan motivasi untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu yang besar, Mengorganisasikan dan membimbing peserta didik dilakukan dengan mengaplikasikan system belajar mandiri, mengaplikasikan system belajar mandiri untuk menanamkan sikap bertanggung jawab, kerja keras dan mandiri dalam belajar melalui pembiasaan secara terus menerus. Pendidik berperan sebagai fasilitator yaitu membimbing, mengarahkan, dan memfasilitasi. Menanamkan nilai karakter untuk memiliki sikap toleransi, kreatif, demokratis, mengahargaiprestasi, dan komunikatif pada setiap proses.
Downloads
References
Amir M. taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. 2013.
Daryanto. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media. 2014).
Hosman M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:Ghalia Indonesia, 2014.
Majid Abdul. Belajar dan Pembelajaran PAI. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Marno dan Idris. Strategi, Metode, Dan Tekhnik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Mustari Mohammad Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada, 2014.
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 2012.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendikbud Nomor 68 tahun 2014 tentang struktur kurikulum Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Penyusunan Dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2013. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
PERMENDIKBUD RI No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan menengah.
PP RI No. 32 tahun 2013 tentang perubahan atas PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sani Ridwan A. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara, 2014.
Sani Ridwan Abdul, Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara, 2013.
Shoimin Ari. 68 model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Wardoyo Sigit Mangun. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta, 2013.
Copyright (c) 2024 ali muchasan, Muhammad Syahrul Munir (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture