CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MI PADA MATA PELAJARAN SKI
Abstract
Sejarah kebudayaan islam merupakan salah satu mata pelajaran yang tergabung kedalam mata pelajaran PAI. Dalam realitasnya masih banyak sekali masalah yang terjadi baik dalam hal metode pengajaran guru maupun bahan ajar yang akan diberikan kepada siswa. Adapun saat akan memilih model, metode pembelajaran atau bahan ajar yang cocok untuk siswa diperlukan data yang lengkap tentang karakteristik siswa. Karena dengan adanya data tersebut akan menaikkan presentase keberhasilan dalam menciptakan suatu strategi pembelajaran. Pendekatan kontekstual merupakan medote yang melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya. Menghubungkan topik yang ada pada bahan ajar dengan situasi kehidupan nyata yang akan dihadapi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah diharapkan siswa bisa memahami nilai-nilai luhur yang terkandung didalam materi ajar serta bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode penelitian kepustakaan (library research). Data yang digunakan, dalam penelitian ini berupa data sekunder, yaitu buku-buku, majalah-majalah dan dokumen dokumen tertulis. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data disini yakni dengan mengumpulkan data sekunder yang mana pengumpulan data dilakukan tidak secara langsung kepada objek yang bersangkutan.
Downloads
References
Afferi Yanti, R. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Griya Cendikia, 7(2), 660–669. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.219
Aisyah, N., & Jannah, L. Z. M. (2023). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SKI. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(4), 202–212.
Akrim, A. (2022). STRATEGI PENINGKATAN DAYA MINAT BELAJAR SISWA (BELAJAR PAI MENCETAK KARAKTER SISWA). Aksaqila Jabfung. Retrieved from https://aksaqilajurnal.com/index.php/aj/article/view/183
Anggraeni, M., Herpalinda, P., & Alimni, A. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK SKI (Penerapan Pembelajaran SKI Melalui Pendekatan Kontekstual MTs Negeri 1 Kota Bengkulu). AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 4(2), 167–173. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v4i2.3385
BUKU_SEJARAH_KEBUDAYAAN_ISLAM_ASLAN.pdf. (n.d.).
Fachrudin, Y. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 51–61. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.458
Habibi, A. M. (2018). PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA PADA SEJARAH ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MIFTAHUL ULUM SUMURAN AJUNG JEMBER. 3(2).
Hasanah, I. (n.d.). PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH.
Holst, J., Brock, A., Singer-Brodowski, M., & De Haan, G. (2020). Monitoring Progress of Change: Implementation of Education for Sustainable Development (ESD) within Documents of the German Education System. Sustainability, 12(10), 4306. https://doi.org/10.3390/su12104306
Kholil, M., & Sari, F. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual dan Audiovisual dalam Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 40–53. https://doi.org/10.32489/alfikr.v9i1.319
KMA No 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan.pdf. (n.d.).
Kuswandi, S., Rudiyana, & Putri, N. D. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Tahsinia, 2(1), 97–109. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.280
Lipiah, D., Septianti, N., Yuwono, R., & Atika, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 2(1), 31–40. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.254
Lubis, R. F. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.
Mahali, M. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MI YAPPI PLALAR: MENUJU PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN RELEVANSI PEMBELAJARAN. Waniambey: Journal of Islamic Education, 4(2), 103–115. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.765
Nababan, D., Panggabean, B., & Sitorus, Y. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. 2.
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN (CTL). 2.
Rasyid, A. (2018). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-KHAIRAAT PAKULI KABUPATEN SIGI. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.8
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode dan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Maharot : Journal of Islamic Education, 4(2), 175–192. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
Ulum, M. N. (2022). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Karangtengah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 138–149.
Copyright (c) 2025 Munawir , Adinda Nurhabibah Nasution, Laili Farichatus Sholihah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture