IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Niswah Qonitah IAIN Kediri Author

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v10i2.950

Keywords:

P5, Permainan Tradisional Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan topik Permainan Tradisional Nusantara meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi P5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di SMP Negeri 2 Jombang. Pemerolehan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan narasumber yaitu koordinator P5, fasilitator, dan beberapa peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, perencanaan P5 terdiri dari membentuk tim, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul ajar, serta merancang strategi pelaporan hasil projek. Kedua, pelaksanaan P5 meliputi tahap pengenalan tentang permainan tradisional nusantara, kontekstualisasi dengan mempraktikkan permainan tradisional nusantara, dan aksi nyata berupa drama dolanan tradisional nusantara. Ketiga, evaluasi P5 berupa penguatan karakter dari permainan tradisional nusantara sebagai wujud melestarikan budaya bangsa.

References

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. (2024). INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 10(2), 229-243. https://doi.org/10.55148/inovatif.v10i2.950

Most read articles by the same author(s)