IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PERMAINAN TRADISIONAL NUSANTARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Niswah Qonitah IAIN Kediri
Keywords: P5, Permainan Tradisional Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan topik Permainan Tradisional Nusantara meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi P5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif di SMP Negeri 2 Jombang. Pemerolehan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan narasumber yaitu koordinator P5, fasilitator, dan beberapa peserta didik kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, perencanaan P5 terdiri dari membentuk tim, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul ajar, serta merancang strategi pelaporan hasil projek. Kedua, pelaksanaan P5 meliputi tahap pengenalan tentang permainan tradisional nusantara, kontekstualisasi dengan mempraktikkan permainan tradisional nusantara, dan aksi nyata berupa drama dolanan tradisional nusantara. Ketiga, evaluasi P5 berupa penguatan karakter dari permainan tradisional nusantara sebagai wujud melestarikan budaya bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, Dela Khoirul. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 3, no. 3 (2020): 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525.
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2022.
Hasanah, Uswatun. “Mengenal Kurikulum Merdeka.” BPMP Provinsi DKI Jakarta, 2022. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/mengenal-kurikulum-merdeka/.
Idrus, L. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adaara 9, no. 2 (2019): 920–35. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: Literasi Nusantara, 2022.
Moeleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Nafaridah, Tia, Ahmad, Lisa Maulida, Monry Fraick Nicky Gilian Ratumbuyang, and Eva Maya Kesumasari. “Analisis Kegiatan P5 Sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Era Digital Di SMA Negeri 2 Banjarmasin.” Prospek 2, no. 2 (2023): 84–97. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2583.
Rahmawati, Rizka Lailatul, and Fikri Nazarullail. “Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo 7 (2020): 9–22. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839.
Sudibya, I Gusti Ngurah, Ni Made Arshiniwati, and Ni Luh Sustiawati. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Penciptaan Karya Seni Tari Gulma Penida Pada Kurikulum Merdeka.” Geter 5, no. 2 (2022): 25–38. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/19549.
Yuliastuti, Sri, Isa Ansori, and Moh Fathurrahman. “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang.” Lembaran Ilmu Kependidikan 51, no. 2 (2022): 76–87. https://doi.org/10.15294/lik.v51i2.40807.
Published
2024-09-01