PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MADRASAH ALIYAH AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
PENGARUH IKLIM SEKOLAH TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA MADRASAH ALIYAH AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi berjumlah 238 siswa diambil sampel 149 siswa dengan menggunakan rumus Slovin eror 5% dan teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yaitu uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedostisitas dan uji linearitas. Untuk uji hipotesis secara parsial yaitu uji hipotesis iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik dibuktikan dengan hasil pengujian koefisien regresi sebesar -0,460. Hasil perhitungan uji t diperoleh pengaruh iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik t-hitung sebesar -14,07 dengan nilai signifikan 0,001 > 0,05 maka terdapat pengaruh negatif iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik. Dan perhitungan R Square sebesar 0,574 (57,4%). Hal ini berarti bahwa kontribusi pengaruh iklim sekolah Muayyad Surakarta Tahun pelajaran 2023/2024 adalah sebesar 57,4% sedangkan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: Iklim Sekolah, Prokrastinasi Akademik
Downloads
References
Asri, Dahlia Novarianing (2018), Prokrastinasi Akademik: Teori Dan Riset Dalam Perspektif Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Self-Regulated Learning. Madiun: UNIPMA PRESS.
Damanik, Rabukit (2018), Pentingnya Iklim Organisasi Yang Efektif Di Sekolah, dalam Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, Vol 6 No, 2 (Juni 2018) https://doi.org/10.37755/jsap.v6i2.43.
Goroshit, Marina, and Meirav Hen (2021), “Academic Procrastination and Academic Performance : Do Learning Disabilities Matter ?, Current Psychology, Vol 40 No, 9 (Mei 2021)
Hen, Meirav, and Marina Goroshit (2020), The Effects of Decisional and Academic Procrastination on Students’ Feelings toward Academic Procrastination.” Current Psychology, Vol 39 No, 2 (2020). http://doi: 10.1007/s12144-017-9777-3.
I, Khanezza Amelia, and Hadiwinarto Hadiwinarto (2020), Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas X Ips di SMA Negeri 2 Mukomuko, dalam Consilia, Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, Vol 3 No 1 (2020). http://doi: 10.33369/consilia.v3i1.8288.
Kristy, Dije Zaraska (2019), Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA, dalam Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, Vol 8 No, 1 (2019) http://doi: 10.15294/ijgc.v8i1.27736.
Lewno-Dumdie, Brittany M., Benjamin A. Mason, Daniel B. Hajovsky, and Ethan F. Villeneuve (2020), Student-Report Measures of School Climate: A Dimensional Review, School Mental Health Vol 12 No, 1 (2020) http://doi: 10.1007/s12310-019-09340-2.
Pratitis, Suhadianto dan Nindia (2019), Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak Dan Strategi Untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa, dalam Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Vol 10 No, 2 (2019) http://doi: 10.24036/rapun.v10i2.106266.
Satriantono, Yosafat Banu (2022), Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA ‘XX, dalam T1-Psychology, Vol 7 No, 1 (Juni 2022), https://repository.uksw.edu//handle/123456789/24364
Shihab, M. Quraish (2006), Tafsir Al-Misbah:Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an Jilid 15, Jakarta: Lentera Hati.
Sodik, Sandu Siyoto dan Ali (2015), Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suparman, Andi Sri Sultihah, A. Darmawan Achmad, Syarifan Nurjan, Sunedi, Jony Muhandis, and Dian Aryogo Sutoyo (2020), Dinamika Psikologi Pendidikan Islam.
Triyono, and Alfin Miftahul Khairi (2018), Prokrastinasi Akademik Siswa SMA (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam), dalam Al Qalam Vol 19 No, 2 (2018) https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/517
Veletić, Jelena, Heather E. Price, and Rolf Vegar Olsen (2023), Teachers’ and Principals’ Perceptions of School Climate: The Role of Principals’ Leadership Style in Organizational Quality, Educational Assessment, Evaluation and Accountability, Vol 35 (June 2023), doi: 10.1007/s11092-023-09413-6.
Yustini, Fakhry Zamzam dan Tien. 2021. Iklim Organisasi Era Digital. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Copyright (c) 2024 luluk muzayyanah, Andi Arif Rifa’ (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture