KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. ABDURRAHMAN WAHID DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN ERA MODERN
KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM KH. ABDURRAHMAN WAHID
Abstract
Penelitian ini, mengungkap pemikiran konsep pendidikan Islam ala KH. Abdurrahman Wahid dalam memberikan model pendidikan Islam yang dapat berkembang dan sesuai dengan kondisi serta situasi era yang sudah mengalami banyak perkembangan. Pendidikan Islami klasik dipandang oleh sebagian kalangan tidak lagi relevan jika tetap digunakan pada bentuk aslinya, sehingga perlu terobosan baru dalam kemasan yang tetap menjadikan pendidikan Islam klasik bisa berjalan dengan era perkembangan yang terjadi di saat ini.
Penelitian ini bersifat kajian pustaka, dengan pendekatan deskriptif kualitatif tanpa menggunakan angka. Dan juga menggunakan metode analisa dalam melakukan analisa terhadap data yang ada yakni meneliti konsep pemikiran beserta definisi, maupun model pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam dan bentuk atau sistem pendidikan Islam.
Penelitian ini menghasilkan bahwa konsep pemikiran KH. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan Islam yang dianggap dapat menjadikan pendidikan Islam klasik tetap berjalan dengan perkembangan zaman saat ini adalah Pendidikan Islam wajib merelevansikan antara nilai tradisional dan modern, pendidikan wajib dilakukan modernisasi serta pendidikan wajib mendahulukan penanaman nilai akhlaq atau etika terhadap generasi penerus bangsa dan agama.
This study reveals the concept of Islamic education in the style of KH. Abdurrahman Wahid in providing a model of Islamic education that can develop and in accordance with the conditions and situations of the era that has undergone many developments. Classical Islamic education is considered by some to be no longer relevant if it is still used in its original form, so it needs a new breakthrough in packaging that still makes classical Islamic education work in the current era of developments.
This research is a literature review, with a qualitative descriptive approach without using numbers. And also using analytical methods in analyzing existing data, namely examining the concept of thought along with definitions, as well as models of Islamic education, the goals of Islamic education and the form or system of Islamic education.
This study resulted that the concept of thinking KH. Abdurrahman Wahid regarding Islamic education which is considered to be able to make classical Islamic education continue to run with the current developments is that Islamic education is required to be relevant between traditional and modern values, education must be modernized and education must prioritize the cultivation of moral or ethical values for the next generation of the nation and religion.
Downloads
References
Abdul Mujib, Pemikiran Abdurrahman Wahid Tentang Pendidikan Islam, Skripsi UIN Alauddin Makassar.
Abdul Wahid Hasan, Gus Dur Mengarungi Jagat Spiritual Guru Bangsa, Yogyakarta: IrciSod, 2015.
Abudin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
Ahmad Fatah Yasin, Dimensi-dimensi pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2008.
Anthony Putra Ary, Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Ghazali. Jurnal Al-Thariqah Vol.1, No,1 Juni 2016.
H.M Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Askara, 2014.
Hamdani Ihsan, Fuad Ihsan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 1998.
Hasan Launggulung, Asas-asas pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2008.
Lis Yunianti Syafrida Siregar, Pendidikan dalam Konsep Islam, Jurnal Fitrah Vol 8 1 Januari 2014.
Paulo Freire. The Politic of Education; Culture, Power and Liberation. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro, Politik Pendidikan; Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Syed Muhammad AL-Naquib Al-Attas, Konsep Pendidikan Dalam Islam Islam, Bandung: Penerbit Mizan, 1992.
Zakiah Daradjat, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Zubaidi, Islam dan Benturan Antar Peradaban, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Copyright (c) 2023 Muhammad Arifudin, Achmad Nasrulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture