PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI MA DARUL FAIZIN ASSALAFIYAH
Abstract
The principal has a very important role in educational institutions. In his leadership, the principal is the key to success improvement of achievement both in terms of academic and non-academic. The approach used in the implementation of this research is a qualitative approach to describe, information related to the research in the place to be examined. The type of research that of an event that is currently happening. As for the efforts made by the principal in developing the learning system, namely, the BTQ Program (Baca Tulis Alquran), istighosah activities, dhuha prayers, and zuhur prayers in the congregation. In addition, the other important role of the principal is the habituation of the student's character. The programs carried out include teacher discipline programs, community programs. Several factors influence the implementation of the program, namely supporting factors such as teachers, the hall as a sufficient facility and inhibiting factors such as incomplete facilities, differences in background students, there is no BK teacher at school. Therefore, the principal is said to have been able to carry out his role as a leader as well as a teacher at MA Darul Faizin Assalafiyah if he can coordinate, organize, and as a school manager to improve school quality.
Kepala sekolah memiliki peran sangat penting dalam lembaga pendidikan yang merupakan kunci keberhasilan sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolahnya baik dari segi akademik maupun non akademik. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan peran kepala sekolah dalam mengembangkan lembaga pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan informasi yang berkaitan dengan penelitian ditempat yang di teliti. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif untuk mendiskripsikan peristiwa yang terjadi. Hasil dari penelitian ini peran kepala sekolah sebagai managerial yang mampu memanajemen secara prosedural, koordinasi yang merupakan proses penyatupaduan kegiatan dari unit lembaga untuk mencapai suatu tujuan, peran kepala sekolah dapat mengorganisir seluruh kegiatan pendidikan. Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan sistem pembelajaran dengan adanya program BTQ (Baca Tulis Alquran), kegiatan istighosah, sholat dhuha dan salat zuhur berjamaah, progam pendisiplinan guru, progam kemasyarakatan. Faktor pendukung: guru memiliki sikap yang disiplin, siswa berprestasi dan berbakat. Adanya aula. Faktor penghambat: fasilitas yang kurang lengkap, perbedaan latar belakang siswa, tidak adanya guru BK. Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam sebuah lembaga mengampu beberapa tugas dalam mengkoordinasi, mengorganisir dan sebagai manajerial sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah. Dengan demikian kepala sekolah telah mampu dalam menjalankan perannya sebagai pemimpin sekaligus pengajar di MA Darul Faizin Assalafiyah.
Downloads
References
Drs. M. Ngalim Purwanto, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan,(Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya, 2006)
García Reyes, Luis Enrique. “Strategi Pembelajaran.” Journal Of Chemical Information And Modeling 53, No. 9 (2013): 1689–99.
Gazali, Marlina. “Optimalisasi Peran Lembaga Pendidikan Untuk Mencerdaskan Bangsa” 6, No. 1 (2013): 11.
Hartanto, Dr Selamet B. “Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan,” N.D., 10.
Khoe Yau Tung, Pembelajaran dan Perkembangan Belajar, (Jakarta : Indeks, 2015)
Kompri, Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah¸(Cet I, Karisma Putra Utama, 2017)
Laysi, Iwel, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan, Anak Usia, Dini Dan, Fakultas Keguruan, dan Ilmu, And Universitas Jambi. Strategi Guru Dalam Mempertahankan Daring Di Kelas Tinggi, 2020.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda, 2010
Muflihah, Anik, And Arghob Khofya Haqiqi. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah.” Quality 7, No. 2 (December 31, 2019): 48. https://Doi.Org/10.21043/Quality.V7i2.6039.
Ramayulis.Ilmu Pendidikan Islam (Cet II, Jakarta: Kalam Muha, 1998)
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2010.
Syifa Nur Izzati Zahro And Siti Shopiyah. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Qiroah 11, No.1 (June 12, 2021):76–94. https://Doi.Org/10.33511/Qiroah.V11n1.76-94.
Waston, Waston, And Taryanto Taryanto. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Jumapolo Karanganyar.” Profetika: Jurnal Studi Islam, June 4, 2019, 61–70. https://Doi.Org/10.23917/Profetika.V0i0.8949.
Yati, Yuliza Utmi, And Nim Tk. (2019), Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 19 Kota Jambi “Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,” N.D., 104.
Copyright (c) 2023 Nur Chabibah, Didin Sirojudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture