Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada CV. Fajar Cendekia Intermedia Kota Jayapura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Stategi pengembangan Sumber Daya Manusia pada CV. Fajar Cendekia Intermedia dan Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pengembangan Sumber Daya Manusia pada CV. Fajar Cendekia Intermedia. Diharapkan dengan adanya penelitian ini mampu meningkatkan pengembangan SDM sehingga berdampak pada meningkatan pendapatan perusahaan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto dengan One Shoot Case Study yang menggambarkan fenomena nyata yang terjadi di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di usaha fotocopy CV. Fajar Cendekia Intermedia Kota Jayapura. Subjek penelitian ini adalah pemilik perusahaan dan karyawan yang bekerja di fotocopy CV. Fajar Cendekia Intermedia Kota Jayapura. Untuk mengetahui strategi pemasaran dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi internal usaha jasa fotocopy CV. Fajar Cendekia Intermedia Kota Jayapura memiliki nilai 3,01 yang dapat diartikan kekuatan perusahaan baik dengan penilaian skala likert. Sedangkan pada kondisi eksternal usaha jasa fotocopy tersebut memiliki nilai 3,44 yang dapat diartikan nilai peluang tinggi dengan penilaian skala likert. Sistem kerja yang diterapkan usaha jasa fotocopy CV. Fajar Cendekia Intermedia Kota Jayapura efektif dengan ditunjukkan nilai bobot item 0,49 yang dapat diartikan poin tersebut memiliki tingkat ancaman paling rendah dibandingkan ancaman lainnya. Posisi usaha jasa fotocopy tersebut saat ini berada pada fase pertumbuhan usaha dan dibuktikan dengan matriks internal dan eksternal SWOT yang menunjukkan keadaan perusahaan berada pada sel 1. Strategi yang tepat diterapkan usaha jasa fotocopy CV. Fajar Cendekia Intermedia Kota Jayapura saat ini adalah dengan strategi SO (Strength Opportunities).
Downloads
References
Bastian, Indra. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Erlangga Converse. 1992. Introduction to Marketing. Bandung: Alumni Fandy,Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Fauziah, Rehan. 2011. “Strategi Pemasaran Café Kebun Kita Bogor”. Skripsi.
Bogor: Institut Pertanian Bogor
Firma, Agung. 2011. “Pengaruh Tindak Lanjut Rekomendasi Audit Manajemen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa”. Skripsi. Diambil dari http://www.digilib.unpas.ac.id/files/disk1/48/jbptunpaspp-gdl-agungfirma-2395- babIII pada 11 Mei 2014 17:18
Freddy,Rangkuti. 2009. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia
Grewal & Levy. 2008. Marketing. New York: Mc.Graw Hill
Iriawan, Nova. 2009. “Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT studi kasus pada CV. Langit Aksara Kabupaten Sleman”. Skripsi. Yogyakarta: UNY Kotler, Philip. 2002. Prinsip-Prinsip Pemasaran terjemahan, Edisi 9. Jakarta: Erlangga
___________. 2007. Marketing Management terjemahan. Jakarta: Erlangga
___________. 2008. Manajemen Pemasaran terjemahan, Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Nasution, M. Nur. 2003. Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
P. Guiltinan, J.P & Gordon, W.P. 1987. Strategi dan Program Manajemen Pemasaran terjemahan Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga
Payne, Adrian. 2001. The Essence of Service Marketing. Jakarta: Sembilan Empat
Griffin, R.W & Ebert, R.J. 1996. Memahami Sistem Bisnis, Edisi 8. Jakarta : Prenhallindo
Rismawan, Andri. 2014. “Analisis Perbedaan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Mahasiswa FE UNY”. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Sarwono & Martadireja. 2008. Bisnis Untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset
Steinhoff. 1979. Small Business Management Fundamentals. Jakarta: Balai Buku
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alphabeta
________. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan RnD. Bandung: Alphabeta
Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Susiani. 2005. “Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Studi kasus pada PT. Pramita Tours dan Travels. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Swastha, Basu. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Yuliono, Dwi. 2012. “Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi
Pemasaran Pada PT. Asli Motor Klaten. Skripsi. Yogyakarta: UNY
Copyright (c) 2022 Daniel Ayub Dawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture