Pengembangan Media Dart Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Ii Di Sdit Al Akbar Karanggayam Srengat Blitar
Abstract
The aim of this study was to explore how the process of developing and testing the feasibility of the Dart Board as a learning medium to improve student learning outcomes in class II science subjects at SDIT Al Akbar Karanggayam Srengat Blitar. The research method used is research and development (R & D), which is a research method used to produce certain products and to test the effectiveness of these products. The results showed that the effect of using dart board media on student learning outcomes in class II-B showed the percentage of completeness by looking at the comparison before and after using dart board media, namely before treatment with dart board media was 8.33% so that there were 91.6% students who had not complete. However, after receiving treatment using dart board media, it increased to 87.5% and of course 12.5% of students were categorized as incomplete.
Downloads
References
Anggoro R.N. 2009. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) Melalui Pemanfaatan Media Dart Board Dengan Teknik Permainan Di Kelas VII H SMP Negeri II Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Negeri Malang.
Arifin, Mulyati dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas II SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan. Departemen Pendidikan Nasional.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asnawir dan Usman, 2002. Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Press.
Darwyn Syah. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta; Gaung Persada Press.
Djaelani, Aunu Rofiq. 2007. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif dalam jurnal VOL : XX. NO : 1. MARET 2013 FPTK IKIP Veteran Semarang.
J. Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Rafika Aditama.
M. Ramli. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Cet. ke-1. Banjarmasin: Antasari Pers.
Maryani, Ika dan Sumiar, Zia. 2018. Developing Science Dart Board on The Force Learning Material for Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia Vol. 6. No. 1.
Miarso, Yusufhadi. 1986. Teknologi Komunikasi Pendidikan Pengertian dan Penerapannya di Indonesia. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali.
Mulyasa. 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Priansa dan Donni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran: Inovatif. Kreatif. dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Putra, Nusa. 2015. Research & Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Rahmawati, Tuti dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Pendidik dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.
Riduwan. 2006. Metode dan teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Rosyidah, Umi. dkk. 2008. Active Learning Dalam Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Quantum Teaching. Ciputat.
Saefudin, Azizi. 2012. Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan PTK. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Sekolah Dasar. Hakikat Pembelajaran IPA di sekolah. dalam http://www.sekolahdasar.net/2011/05/hakekat-pembelajaran-ipa-di-sekoah.html. diakses tanggal 13 januari 2019
Siregar, Sofyan. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Siskawati , Maya. dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Dart Board untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Jurnal Studi Sosial. Vol. 4. No. 1.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukriyah, Abidatus. 2018. Pengembangan Media Dart Board Magnetig Pada Operasi Bilangan Bulat Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sisiswa Kelas IV SDN 01 Wonomulyo Kec. Poncokusumo Malang. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim.
Sulistyorini. 2009. Evaluasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Suryani, Nunuk. dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Undang-undang SISDIKNAS No. 02 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Bandung: Fokusmedia.
Usman, Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Vivi Yandari, Indhira Asih dan Kuswaty ,Maya. 2017. Penggunaan Media Dart Board Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JPSD Vol. 3. No.1.
Winarsunu, Tulus. 2006. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Wulandari, Defrilina Sri Eka. Bahar, Amrul. dan Elvinawati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Media Dart Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017. Vol. 01. No. 02.
Copyright (c) 2021 Siti Khumairo’ Yuli Al-Manik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture