INTEGRASI EPISTEMOLOGI ISLAM DALAM METODE PENDIDIKAN: PENDEKATAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Pendekatan Filsafat Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1884Keywords:
Epistemologi Islam, Metode pendidikan, filsafat pendidikan Islam.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi epistemologi Islam dalam metode pendidikan melalui pendekatan filsafat pendidikan Islam. Epistemologi Islam yang meliputi paradigma bayani (tekstual-normatif), burhani (rasional-empiris), dan irfani (intuisi-spiritual) pada dasarnya merepresentasikan tiga sumber pengetahuan utama dalam Islam, yakni wahyu, akal, dan pengalaman ruhani. Dalam konteks pendidikan Islam, metode pembelajaran masih didominasi oleh pola hafalan semata atau bayani yang bersifat dogmatis, sementara dimensi burhani dan irfani cenderung terpinggirkan. Kondisi ini berimplikasi pada terbatasnya daya kritis, kreativitas, dan kepekaan spiritual peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan library research, melalui analisis filosofis terhadap literatur pendidikan Islam, epistemologi Islam, dan metodologi pengajaran Agama Islam di madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi epistemologi Islam dalam metode pendidikan dapat menghadirkan model pembelajaran yang lebih komprehensif: bayani memastikan landasan normatif yang otoritatif, burhani memberikan legitimasi rasional-empiris, sedangkan irfani memperkuat dimensi etis dan spiritual. Integrasi ketiganya menghasilkan metode pendidikan Islam yang tidak hanya mentransmisikan pengetahuan, tetapi juga mengembangkan pemikiran kritis dan mentransformasikan kesadaran transendental peserta didik. Dengan demikian, pendekatan filsafat pendidikan Islam melalui integrasi epistemologi bayani, burhani, dan irfani menawarkan paradigma alternatif dalam pengembangan metode pendidikan Islam yang lebih holistik, relevan, dan kontekstual dengan tantangan zaman.
Downloads
References
Al-Farabi, Abu Nasr Muhammad. Kitab al-Burhan dalam Al-Manthiq 'inda al-Farabi. Beirut: Dar al-Mashriq, 1968.
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. Iḥyā' 'Ulūm al-Dīn. Vol. 1. Beirut: Dār al-Kutub al-'Ilmiyyah, 2008.
———. Iḥyā' 'Ulūm al-Dīn. Vol. 3. Beirut: Dār al-Kutub al-'Ilmiyyah, 2005.
Al-Jabiri, Muhammad Abed. Bunyah al-'Aql al-'Arabi. Beirut: Markaz Dirasat al-Wihdah al-'Arabiyyah, 1991.
Ibn 'Arabi, Muhyi al-Din. Al-Futuhat al-Makkiyyah. Vol. 1. Beirut: Dar Sadir, 2004.
Ibn al-Haytham, Abu Ali al-Hasan. Kitab al-Manazir. Kairo: al-Matba'ah al-Amiriyyah, 1983.
Ibn Rushd, Abu al-Walid Muhammad. Fasl al-Maqal. Beirut: Dar al-Mashriq, 1993.
Al-Qur'an dan Terjemahan Kemenag 2020.
Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC, 1980.
———. The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1991.
———. Islam and Secularism. Kuala Lumpur: ISTAC, 1993.
———. Prolegomena to the Metaphysics of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1995.
Al-Faruqi, Ismail R. Islamization of Knowledge: General Principles and Workplan. Herndon: International Institute of Islamic Thought (IIIT), 1982.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana, 2014.
Bakar, Osman. Classification of Knowledge in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1992.
Bloom, Benjamin S. Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals, Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longman, 1956.
Budiyono, A., et al. Model Pendidikan Berbasis Lima Menara Ilmu: Integrasi Nilai Keislaman dan Keindonesiaan. Mataram: JIPP Universitas Mataram, 2025.
Kartanegara, Mulyadhi. Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik. Bandung: Arasy, 2005.
Krathwohl, David R. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook II: Affective Domain. New York: David McKay, 1964.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.
Nasr, Seyyed Hossein. Knowledge and the Sacred. Albany: SUNY Press, 1993.
———. Religion and the Order of Nature. New York: Oxford University Press, 1996.
———. Islam and the Problem of Modern Science. Kuala Lumpur: ISTAC, 1993.
Rahman, Fazlur. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: University of Chicago Press, 1982.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.
———. Membumikan Al-Qur'an. Bandung: Mizan, 1999.
Artikel Jurnal
Abidin, Zainal. "Epistemologi Pendidikan Islam: Analisis terhadap Pendekatan Bayani, Burhani, dan Irfani." Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 210–225.
Burhanuddin, N., dan O. Y. Sari. "Relevansi Filsafat Ibnu Sina terhadap Peradaban Berkelanjutan." Research Gate (2025): 15–18.
Harnita, Y., dan I. Mardatillah. "Metode Filsafat Ilmu dan Penerapannya dalam Kajian Manajemen Pendidikan Islam." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Profesi 3, no. 1 (2025): 55–63.
Hasan, N. "Islamic Epistemology and Educational Methodology: Toward Integration." Journal of Islamic Thought and Civilization 11, no. 2 (2021): 25–45.
Lubis, Ahmad Y. "Integrasi Ilmu dan Agama dalam Kurikulum Pendidikan Islam." Ta'dibuna 7, no. 1 (2018): 65–80.
Rahman, Fazlur. "Pendekatan Epistemologis terhadap Pendidikan Islam Kontemporer." Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies 58, no. 1 (2020): 85–105.
Wahyu, M. A., dan M. Amril. "Epistemologi dalam Konsep Islam: Bayani, Burhani, dan Irfani." Jurnal Literasi dan Teknologi Pendidikan 4, no. 2 (2025): 112–120.
Wahyu, M. A., & Amril, M. (2025). Epistemologi dalam konsep Islam: Bayani, Burhani, dan Irfani. Jurnal Literasi dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 112-120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture