METODE MONTESSORI SEBAGAI PIJAKAN CALON PENDIDIK DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM HASANUDIN PARE KEDIRI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAGI PESERTA DIDIK

  • Dafid Fajar Hidayat. HS Institut Agama Islam Hasanuddin Pare
  • Fatahuddin Institut Agama Islam Hasanuddin Pare
  • Ahmad Natsir Fitriono Institut Agama Islam Hasanuddin Pare
Keywords: Montessori, Belajar aktif, Competence

Abstract

 Abstrak

Metode Montessori dalam proses pembelajaran, yang berdasarkan pada prinsip metode Montessori bahwa pendidikan seorang peserta didik muncul bersamaan dengan tahap-tahap perkembangan potensi peserta didik. Karateristik metode Motesssori adalah menekakkan pada aktifitas yang di munculkan oleh diri anak yang dapat merangsan peserta didik dapat belajar dengan aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangakan potesi peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan pendekatan studi kasus, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data peneliti mengunakan model analisis data Spradley, Analisa data yang dilakukan,diperoleh kesimpulan bahwa metode Montessori juga merupakan salah satu metode yang dapat mengembangkan potensi peserta didik maka perlu untuk dikenalkan metode montessori lebih mendalam bagi calun pendidik atau guru di Fakultas keguruan institute agama islam hasanudin Pare Kediri, adalah dengan penerapan pemahaman kepada pendidik mengenai metode Montessori.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Dyah Sulistyaning, Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Pervasive Developmental Disorder NotOtherwise Specified Melalui Montessori, ed. by Dian Fitri Argarni, 1st edn (malang, 2020).
---------- Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Pervasive Developmental Disorder Not Otherwise Specified Melalui Montessori, 2019.
Fadillah, Implementasi Kurikulum 2013, ed. by adirisa perangcang sampul, 1st edn (Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2014).
Fajar hidayat Dafid jurnal inovatif https://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/issue/view/54 hal 15
Fuchan Arief, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, 2nd edn (Surabaya: usaha nasional, 1992).
George S. Morrison, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), 5th edn (Jakarta: PT INDEKS, 2012).
Isjoni, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, ed. by M. Pd. rafka agustiani,. isnawati nur afifah, Latif, 1st edn (Bandung: Alfabate, 2010).
Maunah Binti, Landasan Pendidikan, ed. by mahyudin, 1st edn (Yogyakarta: Teras, 2009).
Montessori Maria, The Absorbent Mind (Pikiran Yang Mudah Menyerap), ed. by Vidya dwina paramita, 2nd edn (Yogyakarta, 2008).
Purwanto Amin, Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori Dan Contoh Praktis, ed. by YOGI Hal. 13
Rithaudin Ahmad, Adaptasi Metode Montessori Sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar‟, Pendidikan,Ed Maria Montessori (Gerald Lee Gutek, Metode Montessori (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2013).
Setiawan M. Hidaya Miskadi, H.Bunyamin, 1st edn (Lombok: P4I).
Suryana Danan, Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan, ed. by Irfan Fahmi, 1 edn (Jakarta: kencana, 2016).
Yus Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, ed. by jefry, 1st edn (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012).
Published
2025-02-10