METODE MONTESSORI SEBAGAI PIJAKAN CALON PENDIDIK DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM HASANUDIN PARE KEDIRI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAGI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i1.1466Keywords:
Montessori, Belajar aktif, CompetenceAbstract
Abstrak
Metode Montessori dalam proses pembelajaran, yang berdasarkan pada prinsip metode Montessori bahwa pendidikan seorang peserta didik muncul bersamaan dengan tahap-tahap perkembangan potensi peserta didik. Karateristik metode Motesssori adalah menekakkan pada aktifitas yang di munculkan oleh diri anak yang dapat merangsan peserta didik dapat belajar dengan aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangakan potesi peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan pendekatan studi kasus, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data peneliti mengunakan model analisis data Spradley, Analisa data yang dilakukan,diperoleh kesimpulan bahwa metode Montessori juga merupakan salah satu metode yang dapat mengembangkan potensi peserta didik maka perlu untuk dikenalkan metode montessori lebih mendalam bagi calun pendidik atau guru di Fakultas keguruan institute agama islam hasanudin Pare Kediri, adalah dengan penerapan pemahaman kepada pendidik mengenai metode Montessori.
References
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture



