EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS I UPT SDN 060913 MEDAN TEMBUNG

Authors

  • Sandiolonia Sihotang FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1189

Keywords:

Keaktifan Belajar, Wordwall, Matematika

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada peserta didik kelas I SDN 060913 Kec.Medan Tembung tahun ajaran 2024/2025, dikarenakan ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya keaktifan belajar  siswa pada pembelajaran Matematika. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan media Wordwall pada pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di kelas I SDN 060913 Medan tembung. Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap observasi peneliti terlebih melakukan pengamatan dengan menggunakan lembar observasi kekatifan belajar untuk mengetahui sejauh mana peserta didik aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan Indikator pesersentase pada prasiklus, terdapat I dan II siklus bahwa setiap indicator Kekatifan  mengalami peningkatan setiap siklusnya, Berdasarkan hasil persentase pada pra siklus, siklus I dan siklus II terlihat bahwa setiap indicator  kekaktifan mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, pada pra tindakan rata-rata tingkat keaktifan belajar peserta didik yaitu 47,82% atau dalam kategori rendah sekali, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 73,91% dalam kategori cukup baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 95,65% dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, J., & Simanullang, F. solida. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi (D. anit. Candra dewi (ed.)). 2023. https://www.google.co.id/books/edition/IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_BERDIFERENSIAS/j163EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pembelajaran+berdiferensiasi&pg=PA162&printsec=frontcover.
Faizatun Nissa, S. (n.d.). 880-3107-1-SP (p. 5).
Kamarullah. (2017). PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA. Pendidikan, 1(1), 21–32.
Rahayu, P., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 385-394 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. 4, 385–394.
Sundi, V. H., Bahar, H., Irrawati, R., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., & Jakarta, U. M. (2020). Jurnal perseda. Perseda, III(2), 54–62.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Sihotang, S. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS I UPT SDN 060913 MEDAN TEMBUNG. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 11(2), 250–262. https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1189