PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MUATAN PPKn LAMBANG SILA PANCASILA KELAS 1 SDN 064974 KEC.MEDAN TEMBUNG

Authors

  • Riana Purba FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1185

Keywords:

keaktifan siswa, Pembelajaran berdiferensiasi, PPKn

Abstract

Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada peserta didik kelas II SDN 064974 Kec.Medan Tembung tahun ajaran 2024/2025, dikarenakan ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas II SDN 064974 Kec.Medan tembung. Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebansyak II siklus, langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap observasi peneliti terlebih melakukan pengamatan dengan menggunakan lembar observasi kekatifan belajar untuk mengetahui sejauh mana peserta didik aktif dalam pembelajaran.  hasil yang diperoleh peneliti bahwa selama pembelajaran pada indicator keaktifan semangat dan antusias siswa di Pra siklus memperoleh 58,50%, siklus I memperoleh 58,50% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 80%. Interaksi guru dan peserta didik memperoleh nilai 65,55% dan siklus I sebesar 66,11% dan siklus II sebesar 75%. Indikator berpartisipasi dalam memecahkan masalah pada pra siklus memperoleh 50,50% siklus I memperoleh 55,10% dan siklus II 85,80%. Indicator kerja sama tim memperoleh nilai di pra siklus 60% siklus I  69,14% siklus II 83,23%. Mengemukakan ide dan pendapat pra siklus memperoleh data 40%, siklus I 48% dan siklus II 90%. Berpartisipasi menyimpulkan hasil diskusi pra siklus memperoleh data 65,40% kemudian siklus I 68,45% dan siklus II 89,70%.

Kata Kunci : Keaktifan siswa, Pembelajaran berdiferensiasi, PPKn

 

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, J., & Simanullang, F. solida. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi (D. anit. Candra dewi (ed.)). 2023. https://www.google.co.id/books/edition/IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_BERDIFERENSIAS/j163EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=pembelajaran+berdiferensiasi&pg=PA162&printsec=frontcover

AMin. (2022). Model Pembelajaran Kontemporere (S. Yurike (ed.)). https://www.google.co.id/books/edition/164_Model_Pembelajaran_Kontemporer/rBtyEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+pembelajaran+demonstrasi&pg=PA147&printsec=frontcover

Budiyanto, A. K. (2016). Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL) (A. Firmansah (ed.)). https://www.google.co.id/books/edition/SINTAKS_45_Metode_Pembelajaran_Dalam_Stu/4zVxEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=2.%09Metode+pembelajaran+Demonstrasi&pg=PA106&printsec=frontcover

Siregar, H. (2017). Penerapan Belajar Mandiri. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 167–181.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Purba, R. (2025). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MUATAN PPKn LAMBANG SILA PANCASILA KELAS 1 SDN 064974 KEC.MEDAN TEMBUNG. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 11(2), 317–328. https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1185