PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MUATAN PPKn LAMBANG SILA PANCASILA KELAS 1 SDN 064974 KEC.MEDAN TEMBUNG
DOI:
https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1185Keywords:
keaktifan siswa, Pembelajaran berdiferensiasi, PPKnAbstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada peserta didik kelas II SDN 064974 Kec.Medan Tembung tahun ajaran 2024/2025, dikarenakan ditemukan permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Oleh karena itu, peneliti melaksanakan penelitian tindakan kelas melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas II SDN 064974 Kec.Medan tembung. Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebansyak II siklus, langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada tahap observasi peneliti terlebih melakukan pengamatan dengan menggunakan lembar observasi kekatifan belajar untuk mengetahui sejauh mana peserta didik aktif dalam pembelajaran. hasil yang diperoleh peneliti bahwa selama pembelajaran pada indicator keaktifan semangat dan antusias siswa di Pra siklus memperoleh 58,50%, siklus I memperoleh 58,50% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 80%. Interaksi guru dan peserta didik memperoleh nilai 65,55% dan siklus I sebesar 66,11% dan siklus II sebesar 75%. Indikator berpartisipasi dalam memecahkan masalah pada pra siklus memperoleh 50,50% siklus I memperoleh 55,10% dan siklus II 85,80%. Indicator kerja sama tim memperoleh nilai di pra siklus 60% siklus I 69,14% siklus II 83,23%. Mengemukakan ide dan pendapat pra siklus memperoleh data 40%, siklus I 48% dan siklus II 90%. Berpartisipasi menyimpulkan hasil diskusi pra siklus memperoleh data 65,40% kemudian siklus I 68,45% dan siklus II 89,70%.
Kata Kunci : Keaktifan siswa, Pembelajaran berdiferensiasi, PPKn
Downloads
References
AMin. (2022). Model Pembelajaran Kontemporere (S. Yurike (ed.)). https://www.google.co.id/books/edition/164_Model_Pembelajaran_Kontemporer/rBtyEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+pembelajaran+demonstrasi&pg=PA147&printsec=frontcover
Budiyanto, A. K. (2016). Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL) (A. Firmansah (ed.)). https://www.google.co.id/books/edition/SINTAKS_45_Metode_Pembelajaran_Dalam_Stu/4zVxEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=2.%09Metode+pembelajaran+Demonstrasi&pg=PA106&printsec=frontcover
Siregar, H. (2017). Penerapan Belajar Mandiri. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 167–181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture



