PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS V SDN 064974 MEDAN TEMBUNG

  • Yosefh Daniel Marcelino Banjarnahor FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hotma Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Hasil penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif berbasis Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar pembelajaran matematika peserta didik di kelas V-C SDN 064974 Medan Tembung. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang mana hasilnya diperoleh dari lembar observasi dan lembar angket yang berisi instrument dalam mengumpulkan data di setiap pelaksanaan tindakan (siklus). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini sebanyak dua siklus, yang mana berisi langkah-langkah penelitian seperti perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peserta didik diharuskan keterlibatannya dalam berpikir secara aktif, kritis, kreatif, dan kristis selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran matematika adalah melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwasanya nilai rata-rata peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika di kelas V-C SDN 064974 Medan Tembung meningkat secara signifikan yang dimana pada siklus kesatu diperoleh persentase sebesar 68,75%, meningkat menjadi 93,75% pada pelaksanaan siklus kedua, sehingga model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Bumi Aksara.
Banjarnahor, Y. D. M., & Tarigan, D. (2023). Nearpod-Based Interactive Learning Media in Improving Learning Outcomes of Class V Elementary School Students. Indonesian Journal of Advanced Research, 2(6), 767–778. https://doi.org/10.55927/ijar.v2i6.4554
Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176–182. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502
Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. LKP Setia Budi.
Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.745
Panuntun, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada Siswa Kelas XI SMK HKTI 2 Banjarnegara. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 19–23. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36807
Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163–170. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717
Rahmawati, R. (2018). Teams Games Tournament (TGT) sebagai Strategi Mengaktifkan Kelas Dengan Mahasiswa yang Mengalami Hambatan Komunikasi. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 70–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25169
Setiaji, C. A. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif : Kiat Menjadi Pendidik yang Inspiratif (1st ed.). Graha Ilmu.
Siregar, H., & Pratiwi, S. N. (2021). Relevansi Pengetahuan Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru PKn SMA Muhammadiyah 1 Medan. JMP-DMT, 2(2), 74–80. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i2.7910
Widoyoko, E. P. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356–364.
Published
2025-02-10