IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING MELALUI APLIKASI SECIL TAJWID DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID PESERTA DIDIK DI MTS AT-TAQWA DDI JAMPUE PINRANG

Authors

  • Zulkifli IAIN PAREPARE

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1147

Keywords:

Metode Fun Learning, Hasil Belajar, Aplikasi Secil Tajwid

Abstract

Kecenderungan pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru dengan metode face to face, menyetor bacaan dengan penyampaian materi Ilmu tajwid yang konvensional. Akibatnya tingakat pemahaman peserta didik terhadap materi menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada implemntasi metode fun learning melalui aplikasi secil tajwid di kelas VII MTs Attaqwa DDI Jmapue Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen (semu eksperimen) dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Serta pengumpulan data instrumen yang dilakukan dengan menggunakan tes (pilihan ganda), treatment, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisi inferensial (uji persyaratan analisis dan uji hipotesis). Hasil analisis menyimpulkan implementasi metode fun learning melalui aplikasi secil tajwid secara sanagt efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiful, Ikhwan. "Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran)." Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 2.2. 2014.
Afrilia, Nurma. “Implementasi Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ski Di Tsanawiyah Al-Hikmah Bandar Lampung”. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2021.
Ahmadi, Abu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Anni, Faridah and Titen Darlis Santi. "Praktikalitas dan Efektivitas Pengembangan Mobile Learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran
Annisa, Kurnia, and Itriyah Itriyah. "Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Pada Anak Sekolah Dasar." Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9.17 2023.
Antony, Putra Ary. "Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1. 2016).
Arifin, Zaenal. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan 4. No. 1, 2017.
Aso ,Sudiarjo, Arnie Retno Mariana, and Wahyu Nurhidayat. "Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android." Jurnal Sisfotek Global 5.2 2015.
Attamimi, Irfan Fauzan, Maelina Kamaliyah, Sri Nurjanah dan Tanti Dewinggih. “Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung”. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. 2021.
Audihani, Abiola Lucky, Fitria Fatichatul Hidayah, and Dwi Anggraeni Ristanti. "Analisis Kesiapan Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon." EDUSAINTEK 3 2019.
Auliyah, Khairul. "Inovasi Metode Pendidikan Agama Islam Melalui Active Learning." Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam 7.1 2022.
Baharun, Hasan. “Penerapan Pembelajaran active Learning untuk Meningkat Hasil Belajar Siswa di Madrasah”. Jurnal Pendidikan Pedagogik, Vol. 1No. 1, Januari-Juni 2015.
Dakhi, Agustin Sukses. "Peningkatan hasil belajar siswa". Jurnal Education and development 8.2 2020.
Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016
Departemen Agama RI, AL-Qur’an dan Terjemahannya (Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2013)
Fildah Zahrona Alfaini, Moch Tohet. ”Pembelajaran Hybrid: Integritas Pembelajaran Berbasis Teknologi dengan Konvensional untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tajwid” At-tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam,Vol.07, No.02,Desember 2023.
Habibi, Rozak. “Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Siswa MTs Al-Munawwarah Binjai Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara
Hakim, Yasin. Pendidikan Toleransi Beragama Dalam Al-Qur’an. BS thesis. Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA, 2019.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Hambali, Fathor Rozi, and Nor Farida. "Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual." Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 5.2. 2021.
Hasanah, Nurul. "Pelatihan penggunaan aplikasi microsoft power point sebagai media pembelajaran pada guru sd negeri 050763 gebang." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1.2 2020.
Hendarman, Et. Al., Eds., Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2015.
Iskandar, Putra, Ketut Udy Ariawan, and Wayan Sutaya. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio video CD Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman web di jurusan multimedia SMK Negeri 3 Singaraja." Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha 6.1 2017.
Khaerul. “Penggunaan Digital Risalah Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMA Negeri 4 Pinrang, Tesis. Stain Parepare,2017.
Komaruddin dan Yooke Tjuparman s. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah(Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara”, Tesis Medan: UIN Sumatera Utara Medan, 2020.
Kurniawan, Machful Indra. "Mendidik untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar: studi analisis tugas guru dalam mendidik siswa berkarakter pribadi yang baik." PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 4.2 2015.
Kuswanto, Edi. "Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah." Mudarrisa: jurnal kajian pendidikan islam 6.2 .2014.
Ladaria, Yessi H, Juliana Lumintang, and Cornelius J. Paat. "Kajian sosiologi tentang tingkat kesadaran pendidikan pada masyarakat desa labuan kapelak kecamatan banggai selatan kabupaten Banggai Laut." HOLISTIK, Journal of Social and Culture 2020.
Lembaga IKIP Malang. Dasar-dasar Metodologi Pendidikan. Malang: Lembaga Pendidikan IKIP, 2016.
Maharani, N. (Nanik). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Bagi Siswa Kelas VI Sdn 4 Ngraho Kedungtuban Blora.” Elementary School, 2018.
Marisa, Siti. "Pengaruh motivasi dalam pembelajaran siswa upaya mengatasi permaslahan belajar." Jurnal Taushiah 9.2 2019.
Maulana, Muh Abdillah. "Efektivitas Pembelajaran daring terhadap hasil belajar biologi pada konsep biodiversitas di kelas X IPA MA Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar." Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran 1.1 2021.
Maulana, Muhammad Ryan dan Muhammad Nasir. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Ilmu Tahsin dan Tajwid”, dalam Jurnal Basicedu, Indonesia: Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an (STIQ), Volume 6, No. 2, 2022.
Midjiono, Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
Musyaropah, S.Pd.I, wawancara dengan penulis , MTs at-tqwa DDI Jampue, 7 januari 2023.
Muttaqin, Ahmad Izza, Muhammad Endy Fadlullah, Putri Sofiatu Rohma dalam penelitian mereka yang berjudul “Pengaruh Model Fun Learning Dengan Super Memori Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Al-Quran Hadist Di Mts Mamba’ul Huda Krasak Tegalsari”. (Kajian Pendidikan Islam, Vol.5 no. 2, 2021.
Nirbita, Betanika dkk. “ Fun Learning Sebagai Solusi dalam Penerapan Full Day School Pada Jenjang Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Pendidikan: Malang, 2017.
Novriadi, Dedy dan Desi Firmasari dalam penelitiannya yang berjudul “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Tajwid Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2022.
Nurfitrianan, “ Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning terhadap minatbelajar IPA Bagi Siswa Kelas V di MI Bahrul Ulum Pallangga Kabupaten Goa”. Skripsi UIN Alaudin Makasar, Makasar, 2016.
Nurfitrianan, “ Pengaruh Penerapan Metode Fun Learning terhadap minatbelajar IPA Bagi Siswa Kelas V di MI Bahrul Ulum Pallangga Kabupaten Goa” (Skripsi UIN Alaudin Makasar, Makasar, 2016.
Nuryadi, et al., eds,. Dasar-Dasar Penelitian. Cet. I; Yogyakarta: Sibuku Media, 2017.
Ovan dan Anduka Saputra. CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penlitian Berbasis Web. Cet. 1; Taklar Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2022.
Pengetahuan Bahan Makanan di Sekolah Menengah Kejuruan." Edukatif: Jurnal ilmu Pendidikan 3.5 2021.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Belajar, Cetakan VII, 2018.
Rahmatiah, Sri. "Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Group Resume untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Materi Fluida Statik (Hukum Pascal dan Hukum Archimedes) Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Soromandi Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 3.1 2023.
Raihan, Abdullah, Et Al. “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Multimedia.” Pengembangan Riset Dan Observasi Teknik Informatika; Vol 10 No 1 2023.
Roozaq, Novandi Abdur and Jaenal Abidin. "Konsep Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Kitab Hidayatus Shibyan." Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman 9.2 2022.
Sanjaya, Ilham. “Pengaruh Metode Fun Learning pada Pembelajaran Gamolan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SD 2 Sulusuban Lampung Tengah”. Skripsi UNILA, Lampung , 2019.
Sarah Siti. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) Dengan Pendekatan Fun Learning dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa”. Institute Ilmu Al-qur’an (IIQ) jakarta, 2022.
Setyawan Dodiet Aditya. Pentunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data Dengan SPSS. Cet. I; Surakarta: Tahta Media (Grup Penerbit CV Tahta Media Group), 2021
Standar Nasional Pendidikan.Peraturan Pemerintah RI Nomor:19 tahun 2005.Jakarta:Depdiknas
Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 1; Jakarta: Kencana (Divisi Dari Prenadamedia Group), 2016.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Sugiono. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2021.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XXVI; Bandung: Alfabeta, 2017.
Syafi'i, Ahmad, Tri Marfiyanto, and Siti Kholidatur Rodiyah. "Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi." Jurnal komunikasi pendidikan 2.2 2018.
Syahrul, Syamsinar. "Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa." Jurnal Konfiks 3.1. 2016.
Tasya, Nabillah and Agung Prasetyo Abadi. "Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa." Prosiding Sesiomadika 2.1c 2020.
Viska, Mutiawani. “KepoTajwid: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web Interaktif.” Indonesian Journal of Applied Informatics; Vol 2, No 2 2018.
Wahyuddin, Wawan. "Pendidikan Sepanjang Hayat Menurut Perspektif Islam: Kajian Tafsir Tarbawi". Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 3.02 2016.
Winarni, Endang Widi. Teori dan Praktik Penenlitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 2017.
Yulianti, Hesti, Cecep Darul Iwan, and Saeful Millah. "Penerapan metode giving question and getting answer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam." Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 6.2 2018.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Zulkifli. (2025). IMPLEMENTASI METODE FUN LEARNING MELALUI APLIKASI SECIL TAJWID DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TAJWID PESERTA DIDIK DI MTS AT-TAQWA DDI JAMPUE PINRANG. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 11(2), 234–249. https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1147