EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CERITA BERGAMBAR PADA PEMAHAMAN MINAT BACA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1114Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pengembangan media pembelajaran cerita bergambar terhadap pemahaman minat baca siswa di sekolah dasar. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen, penelitian ini dilakukan di SDN 1 Jebol dengan populasi 19 siswa kelas 1. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t berpasangan dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar efektif dalam meningkatkan minat baca siswa. Siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam membaca setelah menggunakan buku bergambar, serta mengalami peningkatan dalam pemahaman dan respons terhadap bacaan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan buku cerita bergambar dapat membantu memperkuat keterampilan literasi siswa dan membuka pintu menuju pengetahuan yang lebih luas. Oleh karena itu, disarankan agar guru dan pendidik mempertimbangkan penggunaan media pembelajaran cerita bergambar dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture



