ANALISIS METODE EKSPERIMEN lPA SEKOLAH DASAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI

Authors

  • Dana Faricha Universitas Islam Malang
  • Devi Wahyu Ertanti Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1100

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam perkembangan individu dan kehidupan sehari-hari. Tujuan utama pendidikan adalah memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sudut pandang yang diperlukan untuk berfungsi dalam masyarakat. Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam beradaptasi dengan perubahan yang terjadi seiring dengan kemajuan zaman. Selain itu, keterampilan proses sains secara signifikan berkontribusi pada perkembangan siswa dalam memahami ilmu pengetahuan dan memecahkan masalah sehari-hari. Dalam penelitian ini bertujuan untuk membentuk model pembelajaran yang menggunakan keterampilan sains sebagai dasar untuk menjadikan keterampilan berpikir kritis siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah tinjauan literatur, yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi studi sebelumnya yang relevan tentang topik tersebut. Data yang digunakan berasal dari penelitian sebelumnya yang relevan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran berdasarkan keterampilan proses sains efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam berpikir, memungkinkan mereka mengembangkan kebiasaan saintifik, memecahkan masalah, merancang eksperimen, dan menerapkan pengetahuan ilmiah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang berbeda dapat menjadi alternatif yang baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak-anak. Model pembelajaran ini dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan pengetahuan yang lebih luas dan menggunakan metode analisis yang lebih beragam.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Faricha, D. ., & Ertanti, D. W. . (2025). ANALISIS METODE EKSPERIMEN lPA SEKOLAH DASAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI . INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 11(2), 186–200. https://doi.org/10.55148/inovatif.v11i2.1100