PRAKTEK MENGAJAR DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI MALANG

  • Norma Ita Sholichah Universitas Al Qolam Malang

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatabelakangi oleh kebutuhan dari beberapa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Malang selatan yang membutuhkan beberapa inovasi pembelajaran, media berupa alat permainan edukatif dan strategi pembelajaran. Menindaklanjuti dari hal tersebut melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Progran Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini maka dilakukan kegiatan Praktek Mengajar di 3 lembaga PAUD Malang Selatan. Lembaga PAUD tersebut diantaranya KB Anak Sholeh Codo Wajak, RA Al Firdaus Sanankerto Turen dan RA Ihyaus Salafiyah Urek-urek. Lembaga ini merupakan Lembaga tempat beberapa mahasiswa mengabdi. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Dengan melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan bidang Pendidikan. Kegiatan ini sengaja didesain untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan yang dikaji dengan menghasilkan rekomendasi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Lembaga PAUD. HMJ PIAUD telah berhasil menyelesaikan program pengabdian dan Pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan anak usia dini di wilayah sekitar Malang selatan. Dari evaluasi pengabdian ini, pelayanan HMJ PIAUD pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini menunjukkan bahwa kegiatan ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Adanya peningkatan kualitas pembelajaran, pengembangan keterampilan guru, partisipasi aktif anggota HMJ, dan dampak positif terhadap masyarakat menjadi bukti nyata akan kesuksesan program pengabdian ini. Namun, tetap diperlukan upaya lanjutan untuk menjaga dan meningkatkan dampak positif ini serta memperluas cakupan pengabdian HMJ PIAUD pada lembaga pendidikan anak usia dini lainnya di masyarakat.

Keywords: Praktek Mengajar, Pendiidkan Anak Usia Dini

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-27
Section
Articles