PEMANFAATAN TIK-TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH: Studi kasus Ustadzah Oki Setiana Dewi di akun @okisetaianadewi_official
Studi kasus Ustadzah Oki Setiana Dewi di akun @okisetaianadewi_official
Abstract
This article discusses the use of the Tik-Tok social media platform as a da'wah tool by a famous ustadzah, ustadzah Oki Setiana Dewi, through the official account @okisetianadewi_official. This case study aims to reveal how a religious figure uses the Tik-Tok platform in an effort to spread religious messages to a wide audience, especially the younger generation. The method used in this research is a qualitative descriptive method with data sources in the form of documents, video posts from social media accounts with analytical methods connecting with theories related to preaching, preaching messages, and also new media. The research results show that Ustadzah Oki Setiana Dewi has succeeded in utilizing TikTok as an effective medium for preaching, by creating content that is relevant, informative and inspiring. The TikTok account @okisetianadewi_official has become a popular channel for understanding the teachings of the Islamic religion and supporting moral values in a modern context. With this appearance, Ustadzah Oki Setiana Dewi conveys a da'wah message that remains based on the Al-Qur'an and Hadith with the da'wah content revolving around Islamic teachings in it, related to aqidah, sharia, and morals/muamalah with the aim of being easily accepted by the generation of Tik-Tok users. as a da'wah partner.
Downloads
References
Adi, La. "Konsep Dakwah Dalam Islam." Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid 7.3 (2022).
Afendi, Achmad Ruslan, et al. "Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital." (2023).
Aiman, Ummu. "Stategi pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media dakwah untuk kaum milenial." (2023).
Alhidayatillah, Nur. "Dakwah Dinamis Di Era Modern (Pendekatan Manajemen Dakwah)." An-Nida' 41.2 (2018): 265-276.
Atik H, Sholihatul , Luluk Farida. 2021. Pemanfaatan Media TikTok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. PISSN : 2721-964X / E-ISSN : 2721-9631 Volume 2 Nomor 1 Januari 2021 : 4. Malang : Rumah Jurnal Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Diambil dari View of PEMANFAATAN MEDIA TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI DOSEN IAI SUNAN KALIJOGO MALANG (iaiskjmalang.ac.id) diakses tanggal 20 Febuari 2021, pukul 16.17 WIB
Budiantoro, Wahyu. "Dakwah di Era Digital." KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 11.2 (2017): 263-281.
Febriana, Ayu. "Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah:(Studi Kasus Ustad Syam, di akun@ syam_elmarusy)." KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah 11.02 (2021): 180-194.
Ghozali, M. Ikhsan. "Peranan Da’i dalam Mengatasi Problem Dakwah Kontemporer." MAWA IZH JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN 8.2 (2017): 293-307.
Hayati, Dinda Rizky. "Pemanfaatan Media TikTok Sebagai Media Dakwah Oleh Ikhwan Mukhlis." Purwokerto: UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri. Diambil dari http://repository. iainpurwokerto. ac. id/11907 (2021).
Herdian Maulana, M.Si. dan Gumgum Gumelar, M. S. (2013). Psikologi Komunikasi Persuasi.
Hikmawati, Sholihatul Atik, and Luluk Farida. "Pemanfaatan Media Tik Tok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang." AL-ITTISHOL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2.1 (2021): 1-11.
Iqbal, Muh, and Asman Asman. "Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda." Jurnal Ilmu Dakwah 41.2 (2021): 172-183.
Karim, Abdul. "Dakwah melalui media: Sebuah tantangan dan peluang." At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4.1 (2016).
Kusumawati, Silviana Putri, et al. "Penyampaian Dakwah Islam di Media Sosial Bagi Generasi Z." (2022): 5.
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(2), 148–158.
Mardiana, Reza. "Daya Tarik Media Digital Sebagai Media Dakwah Untuk Generasi Milenial." KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah 10.02 (2020): 148-158.
Maulana, Ilham Ilham, Chatib Saefullah, and Tata Sukayat. "Dakwah Di Media Sosial." Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 3.3 (2020): 258-74.
McQuail, D. (2010). McQuail′s Mass Communication Theory. SAGE Publications.
Muhaemin, Enjang. "Dakwah digital akademisi dakwah." Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11.2 (2017): 341-356.
Muhammad, Firdaus, and Khaerunnisa Khaerunnisa. "PROBLEMATIKA DAKWAH DI TENGAH PROPAGANDA AGAMA DI MEDIA SOSIAL (PERSPEKTIF KOMUNIKASI POLITIK ISLAM)." Jurnal Jurnalisa 6.1 (2020).
Munawaroh, Eka. STRATEGI DAKWAH PADA AKUN@ INDAHRAMA_ DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Diss. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2022.
Musdalifah, Intan, and Nikmah Hadiati Salisah. "Cyberdakwah: Tiktok Sebagai Media Baru." KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah 12.2 (2022): 176-195.
Muslim, Abu, and Wilis Werdiningsih. "Pendidikan Moderasi Beragama dan Simbol Keagamaan (Pembentukan Identitas Islam Moderat Anak Melalui Songkok NU Perspektif Teori Konstruksi Sosial Peter Berger)." Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 4.1 (2023): 29-42.
Nihayah, Nihayah, and Aan Muhammad Burhanudin. "Pemetaan Dakwah Analisis Potensi Dan Problematika Dakwah." ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 9.1 (2018): 27-38.
Palupi, Rismaka, et al. "Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Di Era Modern." Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 5.1 (2021): 89-104.
Pamungka, Eqviesta Runtun, et al. "Optimasi Tiktok Sebagai Media Dakwah Bagi Generasi Milenial." Al Manam: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman (2022): 97-108.
Parhan, Muhamad, et al. "Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan Mahasiswa Muslim UPI." HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam 16.1 (2022): 113-30.
Pratiwi, Clara Sinta. "Platform TikTok sebagai Representasi Media Dakwah di Era Digital." JISAB: The Journal of Islamic Communication and Broadcasting 2.1 (2022): 50-65.
Randani, Yulia Nafa Fitri, et al. "Strategi Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Dakwah Untuk Kaum Milenial." At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam 3.1 (2021): 570-584.
Rani, Samsul. "Transformasi Komunikasi Dakwah dalam Era Digital: Peluang dan Tantangan dalam Pendidikan Islam Kontemporer." AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 4.1 (2023): 207-216.
Ritonga, Muslimin. "Komunikasi Dakwah Zaman Milenial." Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI) 3.1 (2019): 60-77.
Rohman, Dudung Abdul. "Komunikasi dakwah melalui media sosial." Tatar Pasundan 13.2 (2019): 299535.
Sa'ad, Mukhlisin, Hasan Baharun, and Fera Ailinia Istifa. "Simulakra Bahasa Agama Da’i Milenial di Media “TikTok”." Jurnal Komunikasi Islam (Journal of Islamic Comunication) 10.2 (2020): 235-255.
Sajadi, Dahrun. "PROBLEMATIKA DAKWAH KONTEMPORER." Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam 11.2 (2020): 93-109.
Sari, Anggita Falestyana, and Lutfhi Ulfa Ni’amah. "Tiktok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Akun Tiktok@ baysasman00)." Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah 2.1 (2022): 31-43.
Septiani, Elva Amelia. Penggunaan Aplikasi TikTok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pada Akun@ basyaman00). Diss. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2022.
Sholihatul Atik H,Luluk Farida, Pemanfaatan Media TikTok Sebagai Media Dakwah Bagi Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, P-ISSN : 2721-964X / E-ISSN : 2721-9631 Volume 2 Nomor 1 Januari 2021 : 4, ( Malang : Rumah Jurnal Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, 2021 ), Hlm. 5-6, Diambil dari View of PEMANFAATAN MEDIA TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH BAGI DOSEN IAI SUNAN KALIJOGO MALANG (iaiskjmalang.ac.id) diakses tanggal 20 Febuari 2021, pukul 16.17 WIB
Sulaeman, Arif Ramdan. "Peluang Jurnalisme dakwah di era digital." Jurnal of comunicatiaon and sosial selence. Volme 1 (2019).
Trisakti, Febby Amelia. "Cyber-Da’wah: Narasi Konten Video Sebagai Metode Dakwah Non-Ulama Pada Media Sosial Tiktok." Idarotuna 3.3 (2022): 258-271.
Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial. Tasâmuh, 18, 54–78.
Ummah, Athik Hidayatul. "Dakwah digital dan generasi milenial (menelisik strategi dakwah komunitas arus informasi santri nusantara)." Tasâmuh 18.1 (2020): 54-78.
Uyun, Unsiyatul. "Retorika Dakwah Husain Basyaiban dalam Pemanfaatan Media Sosial Tiktok." Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4.2 (2023): 125-143.
Wibowo, Adi. "Penggunaan media sosial sebagai trend media dakwah pendidikan islam di era digital." Jurnal Islam Nusantara 3.2 (2019): 339-356.
Yulia Nafa F.R dkk, Strategi Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Dakwah untuk Kaum Milenial, Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab, Vol.3, Nomor 1, Agustus-Januari,2021 ISSN : 2685-8924. EISSN : 2685-8681, ( Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia, 2021 ), Hlm. 576, Diambil dari STRATEGI PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH UNTUK KAUM MILENIAL | Randani | at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam (uii.ac.id) diakses tanggal 26 Oktober 2021 pukul 15.45 WIB