Muhson PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 4 TULUNGAGUNG
PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING
Abstract
Dengan judul “Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh M Ali Muhson, NIM. 1725143161, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwawidodo, M.Pd.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas Vdan VI MIN 4 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B MI Negeri 4 Tulungagung sedangkan kelas VI sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.Wawancara digunakan untuk melengkapi hal-hal yang berhubungan dengan peneliti, seperti mengetauhi pencapean materi kelas, sistem pembelajaran yang sering digunakan.Dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan, nilai UTS serta dokumentasi madrasah.Angket digunakan untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik MIN 4 Tulungagung yang digunakan sebagai sampel penelitian.Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah Uji t dan Anova 2 jalur (MANOVA), yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Kata Kunci: Quantum Learning, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.