Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B di TK Nusa Indah Bulutengger Sekaran Lamongan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK NUSA INDAH BULUTENGGER SEKARAN LAMONGAN

  • Retno Dwi Astuti
Keywords: counting, cuisenaire rectangles.

Abstract

This research which conducted at B group young learners of Nusa Indah kindergarten Bulutengger Sekaran Lamongan by using Cuisenaire rectangle aims to analyze the young learner’s counting skill to state the numeric symbol 1-10, matching the number and the symbol, and stating the result of the addition and abstraction from the thimgs correctly.

The method of this research uses pre-eksperimental research by using quantitative approach and one-group pre-test design. The data analysis which uses Wilcoxon test shows that there is a difference between pre-test (before treatment)548, and post-test (after treatment) 770. The Tcount < Ttable (0<68).

This research proves that there is an effect of using Cuisenaire rectangle for the B group children’s counting skill at Nusa Indah kindergarten Bulutengger Sekaran Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, A. 2008. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Taman Kanak-kanak Melalui Pemanfaatan Media Stick. Naskah Publikasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Gavindo.
Depdiknas. 2005. Aktivitas Mengajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Direktorat Pendidikan TK dan SD. 2004. Kurikulum TK dan RA. Standar Kompetensi. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Siswanto.
Eliyawati, Cucu. 2005. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Siswanto.
Hariwijaya. 2008. Aneka Mainan Edukatif. Surabaya: Tiara Aksa.
Jamaris, Martini. 2008. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mulyani. 2006. Bermain Esukatif. Jakarta: PT. Gramedia Widyasarana Indonesia.
Patmonodewo, Soemiati. 2009. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta:Rineka Cipta.
Reksoatmodjo, Tedjo. 2009. Statistika Untuk Psikologi. Bandung: Reika Aditama.
Riduwan, dan Sunarto. 2011. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sriningsih, R. 1999. Proses Belajar Mengajar II: Penilaian Hasil Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sudjana, Nana & Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudono, A. 1992. Sumber Belajar dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta:Grasindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Published
2018-09-06