PENGEMBANGAN SEKOLAH BERBASIS MASYARAKAT: REFLEKSI PENGALAMAN DI MI MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS
Abstract
Salah satu fenomena Pendidikan di Indonesia adalah kecenderungan lepasnya tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan dan terciptanya Lembaga pendidikan dari akar social-kemasyarakatan. Pendidikan berbasis masyarakat merupakan pendidikan yang dirancang oleh masyarakat untuk membelajarkan masyarakat sehingga mereka berdaya, dalam arti memiliki kekuatan untuk membangun dirinya sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya. Pendidikan berbasis masyarakat merupakan usaha pemberdayaan (empowering) masyarakat dalam pendidikan. Untuk memberikan nafas baru bagi madrasah. Salah satunya adalah dengan melakukan penambahan nama “Program Khusus” pada nama Madrasah. Peran masyarakat dalam pengembangan Madrasah yaitu Pembentukan team pengembang,membentuk komite sekolah, membentuk badan pemeriksa harian. Untuk mewadahi peningkatan potensi guru, Kepala Madrasah memberikan wadah berupa Teacher Study Club yang diadakan setiap hari Sabtu minggu keempat.
Downloads
References
A.S.Haris, Pengembangan Sekolah Melalui Partisipasi Masyarakat: Sebuah Kajian Operasional Tingkat Sekolah. (Seminar Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta), 19 Mei 2001.
Bagong Suyanto, Pendidikan Berbasis Masyarakat: Prasyarat yang Dibutuhkan Edukasi, Vol I, No 1. 2005.
Dean Nielsen, Memetakan Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat di Indonesia Yogyakarta: Adicita Karyanusa, 2001.
H.A.R Tilaar, Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta, 2000.
Hermawan, Yudan, and Yoyon Suryono. “Partisipasi Masyarakat dalam penyelenggaraan Program Progam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran.” JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaam Masyarakat) 3 No. (2016): 97-108.
Hidayat, Rhamat. “Pendididkan Berbasis Masyarakat.” Jurnal Attarbiya 1, no.1 2004
Ibtisam Abu Duhou, Menejemen Berbasis Sekolah, ter Nur Yamin Aini dan Suparto Jakarta : PT Logos Wacana Ilmu, 2002.
Sanapiah Faisal, Sosiologi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional, 1980.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.
Suharto, Toto. Pendidikan Berbasis Masyarakat; Relasi Negara dan Masyarakat dalam Pendidikan. LKIS Pelangi Aksara, 2012.
Umberto Sihombing, Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa, 2001.
Copyright (c) 2023 Sri Sumarti, Mohamad Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture