ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 4 KLEPU SUMBERMANJING WETAN KABUPATEN MALANG TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kesulitan—kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik di kelas kemudian memberikan solusi kepada guru khususnya di SD Negeri 2 klepu sumbermanjing untuk melaksanakan pembelajaran tematik di kelas I—6. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi, dengan subjek penelitian seluruh guru di SD Negeri 4 klepu suumbermanjing. Teknik pengumpulan data menggunakan waancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pada indikator faktor pengetahuan adalah mereka tahu, tetapi belum memahami konsep pembelajaran tematik beserta sub indikatornya, hal ini ditunjukan dengan presentase 80% responden. Sebesar 10% responden sudah mengetahui dan memahami konsep pembelajaran tematik, dan 10% responden kurang mengetahui dan memahami tentang konsep pembelajaran tematik. Kemudian pada indikator faktor minat dan kemauan adalah sebanyak 60% responden memiliki minat dan kemauan dalam kategori sedang, bahkan 30% responden dapat dikatakan memiliki minat dan kemauan yang rendah, dan hanya 10% responden yang memiliki minat dan kemauan yang tinggi. Selain itu, pada indikator daya dukung adalah sebanyak 40% responden mengatakan bahwa daya dukung dalam pembelajaran tematik belum memadai dalam dalam beberapa tema pembelajaran, bahkan 50% responden mengatakan bahwa daya dukung dalam pembelajaran tematik kurang memadai dan hanya 10% responden yang mengatakan bahwa daya dukung dalam pembelajaran tematik sudah memadai.
Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa responden mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti pengetahuan mengenai konsep pembelajaran tematik, minat dan kemauan yang rendah dalam memahami konsep pembelajaran tematik, daya dukung yang kurang memadai, serta sosialisasi yang kurang maksimal dari dinas terkait.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar. Depdikbud. Jakarta.
Hadi, Sutrisno. 1992. Statistika. Andi Offset. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hasyim, Ali Usman. 2010. Undang—Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. http://aliusmanhs.wordpress.com/2010/07/17/undang- undang-no-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen/ Diakses tanggal 28 Februari 2013
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudirman, A. M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Permai. Jakarta.
Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. UPT MKK UNNES. Semarang.
Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Hikayat Publishing. Yogyakarta
Copyright (c) 2023 Isyarofah saiful
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture