Peningkatan Motifasi Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Melalui Card and Board di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Kediri

  • Moch Bachrudin STAI HASANUDDIN PARE
Keywords: Motivasi, Kurikulum 2013, Card and Board

Abstract

Pemerintah mulai menerapkan Kurikulum 2013 di lembaga-lembaga pendidikan termasuk madrasah. Semua  guru harus memahami dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum yang baru. Namun, dalam kenyataannya belum semua guru termotivasi untuk melaksanakan tugas tersebut. terutama guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kediri yang menjadi obyek penelitian. Melalui pendekatan card and board dapat meningkatkan motivasi guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 baik dalam pengembangan model pembelajaran maupun pengembangan penilaian otentik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (96,4%) % guru mengembangkan model pembelajaran, dan (97,1%) telah mengembangkan penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
DePorter, Bobbi, dkk. (terjemahan: Ary Nilandari). 2007. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Echols, John M. dan Hasan Shadaly. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia Nomor 66 tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Kemendikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia Nomor 104 tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Kemendikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Kemendikbud
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Kemendikbud
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas
Robbins, Stephen P. (terjemahan: Hadyana Pujaatmaka dan Benyamin Molan). 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Jakarta: Prenhallindo
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2017-06-04